bitcoin casino crypto casino crypto gambling crash betting game crash gambling game bitcoin gambling

Simple Responsive Menu

Pengaduan Masyarakat

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT BALAI PENELITIAN TANAH

1. DESKRIPSI

Sebagaimana diatur dalam Pasal 36 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, perihal Pengelolaan Pengaduan bahwa penyelenggara pelayanan publik berkewajiban melaksanakan pengelolaan pengaduan masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut penanganan pengaduan masyarakat wajib diselesaikan secara cepat dan tuntas melalui pendekatan komprehensif, terkoordinasi, terpadu dan bersinergi serta saling menghormati hak, kewajiban dan wewenang masing-masing berdasarkan etika dan peraturan perundang-undangan.

Balai Penelitian Tanah sebagai salah satu UPT di Badan Penelitian dan Peengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian berkewajiban mengelola pengaduan masyarakat, melalui penetapan Surat Keputusan Kepala Balai Penelitian Tanah.

Dengan ditetapkannya Surat Keputusan ini, diharapkan dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan pengelolaan pengaduan masyarakat, sehingga penanganan dan pemantauan pengaduan masyarakat dapat terselesaikan secara efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance), transparan dan akuntabel.

Balai Penelitian Tanah menerima pengaduan masyarakat berupa :

  1. Keluhan yang bersifat membangun yang mengandung informasi adanya indikasi penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang oleh Aparatur Negara atau pihak yang mendapatkan izin atau perjanjian kerja di lingkup Balai Penelitian Tanah yang dapat mengakibatkan kerugian masyarakat dan negara.
  2. Sumbang saran, kritik, gagasan yang membangun yang mengandung informasi yang bermanfaat bagi perbaikan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan umum, pembangunan dan pelayanan masyarakat.

 2. DASAR HUKUM

  1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (Lembaran Negara Tahun 2008 Nomor 61, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4846).
  2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (Lembaran Negara Tahun 2010 Nomor 99).
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Publik
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan
  6. Peraturan Menteri Pertanian No 78/permentan/OT.140/12/2012 tentang Pedoman Penyusunan dan Penetapan Standar Pelayanan Publik Kementerian Pertanian.
  7. Peraturan Menteri Pertanian No 77/permentan/OT.140/8/2013 tentang Pedoman Pengelolaan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan kementerian Pertanian
  8. Peraturan Menteri Pertanian Nomor 61/Permentan/ OT.140/10/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pertanian;

3. SYARAT

  1. Disampaikan secara tertulis
  2. Dilengkapi dengan identitas pelapor yang jelas. Nama, alamat lengkap, dan Nomor Induk Kependudukan
  3. Menjelaskan permasalahan yang diadukan dengan runut dan jelas berupa uraian pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan
  4. Dilengkapi dengan data dukung yang dapat dipertanggungjawabkan
  5. Sumbang pikiran/saran/gagasan/permintaan penyelesaian masalah yang diajukan; dan
  6. Tempat, waktu penyampaian, dan tanda tangan.

4. PROSEDUR

5. BIAYA

Tidak dipungut biaya (Gratis).

6. WAKTU PENYELESAIAN

Balai Penelitian Tanah wajib menanggapi pengaduan masyarakat yang waktunya ditetapkan masing-masing, paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak pengaduan masyarakat diterima.

7. LOKASI

Balai Penelitian Tanah Kampus Penelitian Cimanggu Jalan Tentara Pelajar No. 12 Bogor 16114
Pada jam pelayanan:

  • Senin-Jumat: Jam 08.00-15.00 WIB
  • Istirahat: Senin-Kamis Jam 12.00-13.00 WIB
  • Istirahat: Jum’at Jam 11.30-13.30 WIB
  • Libur di Hari Sabtu/Minggu/Tanggal Merah/Cuti Bersama/Hari Raya

8. PENYELENGGARA

Balai Penelitian Tanah

9. KONTAK PENYELENGGARA

Balai Penelitian Tanah
Jln. Tentara Pelajar No. 12 Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu, Bogor 16114
Telp: 0251 - 8336757, Fax: 0251 - 8321608, 8322933
Website: balittanah.litbang.pertanian.go.id
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.; This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

10. ALAMAT ONLINE

Aplikasi Online dapat diakses melalui alamat https://balittanah.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/pelayanan-jasa1

11. INFO TAMBAHAN

Pengaduan masyarakat dapat diajukan melalui surat ke Balai Penelitian Tanah Kampus Penelitian Cimanggu Jalan Tentara Pelajar No. 12 Bogor 16114, melalui email ataupun faksimili.

12. KEBIJAKAN MUTU

  • Balittanah bertekad menjadi Institusi/lembaga penelitian tanah pertanian yang unggul dan mampu menumbuhkembangkan teknologi, keilmuan, profesionalisme, dan kesejahteraan masyarakat secara luas.
  • Balittanah memiliki komitmen tinggi untuk senantiasa melakukan perbaikan terus menerus untuk memberikan dan meningkatkan kepuasan pemangku kepentingan (Stake Holder) melalui mutu hasil penelitian dan setiap aspek terkaitnya.
  • Balittanah berkomitmen untuk menerapkan sistem manajemen mutu secara efektif dan berupaya memenuhi persyaratan pemangku kepentingan dan perundangan yang relevan.

Klik disini untuk pengisian Pengaduan Masyarakat (Dumas)

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jln. Tentara Pelajar No. 12 Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu, Bogor 16114
Telp: 0251 - 8336757, Fax: 0251 - 8321608, 8322933
Website: balittanah.litbang.pertanian.go.id
Email: balittanah@litbang.pertanian.go.idbalittanah.isri@gmail.com