Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Dari Timur Indonesia, Balitbangtan Siap Mendukung Peningkatan Kapasitas Petani Milenial

Pagi ini dari Bima, Rabu 9 Juni 2021, tepatnya dari Kabupaten Dompu, Propinsi NTB, matahari cerah menyambut acara dengan hangatnya para petani milenial yang hendak mengikuti acara Bimbingan Teknis “Peningkatan Kapasitas Petani Milenial”. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Badan Litbang Pertanian yang dikoordinir oleh BBSDLP, bersama Anggota DPR RI Komisi IV Bapak H. Muhammad Syafrudin, ST, MM. dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Bapak Ilham, SP.

Tepat pukul 09.00 WITA acara dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Balai Penelitian Tanah Dr. Ladiyani Retno Widowati yang dalam hal ini mewakili Kepala Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan Pertanian, Balitbangtan-Kementan. Dalam sambutannya, Ladiyani menyampaikan dukungan Badan Litbang Pertanian baik berupa pengawalan oleh peneliti yang handal dan teknologi inovasi untuk meningkatkan kemampuan Petani Milenial di wilayah Kabupaten Dompu. Program ini tidak lepas dari harapan Anggota Komisi IV DPR yang akrab disapa dengan nama Bapak Rudi, dimana beliau mempunyai cita-cita yang mulia dalam membangun pertanian di Kabupaten Dompu. Hal ini diungkapkan oleh beliau saat membuka acara pagi itu. Dompu diharapkan bisa menjadi sumber pangan di Indonesia Bagian Timur yang didukung dengan inovasi teknologi Balitbangtan.

Kabupaten Dompu terus berbenah untuk meningkatkan produksi pertanian, salah satunya dengan cara meningkatkan kemampuan petani milenial. Kabupaten Dompu memiliki lahan sawah irigasi dan tadah hujan seluas 26.000 hektar, dan 120.000 hektar lahan kering. Dalam satu tahun, curah hujan selama 6 bulan, sehingga sebagian besar lahan pertanian mempunyai IP <1.5.

Pada kesempatan ini juga diserahkan cinderama mata berupa Buku 600 Inovasi Balitbangtan kepada Anggota Komisi IV DPR dan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Perkebunan Dompu. Buku tersebut disambut sangat baik, sehingga akan dijadikan referensi untuk merancang dan menjalankan program pengembangan pertanian di wilayah ini khususnya sesuai dengan kesesuaian inovasinya.

Acara bimtek diikuti oleh seluruh peserta  sebanyak 50 orang dengan tekun dan antusiasme hingga akhir acara yang ditandai dengan aktifnya diskusi. Materi yang disampaikan yaitu “Sukses Bertani dengan Pemupukan Berimbang” oleh Dr. Ladiyani Retno Widowati, MSc. dan “Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi” oleh Yurista Sulistyawati, SP (Peneliti BPTP NTB).

Dengan terlaksananya Bimtek ini diharapkan petani milenial Dompu dapat semakin melangkah maju untuk meningkatkan pertanian di Kabupaten Dompu. Jayalah pertanian Indonesia. (LRW, AFS, M.Is).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933