1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Buku

Pengelolaan Lahan Sawah dan Lahan Kering

Pada tahun anggaran 2014, Balai Penelitian Tanah (Balittanah) telah melaksanakan penelitian, diseminasi hasil penelitian, dan manajemen perkantoran dengan alokasi anggaran dari DIPA 2014 sebesar Rp. 22.305.111.000 dengan realisasi sebesar Rp. 20.782.942.206 atau 93,18% Sumber dana tersebut berasal dari DIPA (rupiah murni, PNBP dan kerjasama penelitian yang sudah diregistrasi).

Secara keseluruhan program penelitian, diseminasi hasil penelitian, dan manajemen perkantoran pada tahun anggaran 2014 sudah berhasil dilaksanakan sesuai dengan Penetapan Kinerja Tahunan (PKT) 2014, bahkan beberapa output melebihi yang ditargetkan. Laporan tahunan ini secara ringkas menyampaikan keragaan hasil-hasil penelitian, diseminasi, dan manajemen penelitian di Balittanah pada tahun 2014. Hasil penelitian disajikan berdasarkan tipologi lahan, yaitu lahan sawah, lahan kering; formulasi pupuk, pembenah tanah, tes kit, diseminasi hasil penelitian tanah, dan manajemen perkantoran.



Daftar Isi

Kata Pengantar Ringkasan Eksekutif
1.Pendahuluan
2.Pengelola Lahan Sawah
3. Pengelolaan Lahan Kering
4. Produk Teknologi
5. Diseminasi
6. Managemen

Sistem Pertanian Organik Mendukung Produktivitas Lahan Berkelanjutkan

Permintaan produk pertanian organik di seluruh dunia tumbuh pesat sekitar 20% per tahun, akibat adanya trend back to nature di seluruh dunia. Di Indonesia, budi daya pertanian organik merupakan alternatif budi daya pertanian ramah lingkungan yang telah berkembang sekitar 10 tahun yang lalu. Produk organik di Indonesia memiliki pasar khusus yang potensial. Standar Nasional Indonesia tentang Sistem Pangan Organik telah tersusun dalam SNI 6729-2013, Permentan No.64/Permentan/OT.140/5/ 2013 tentang sistem pertanian organik yang menjelaskan tentang sistem produksi pangan organik, pengemasan, pelabelan dan sertifikasinya.

Buku ini terdiri atas 8 bab yang memberikan informasi tentang sistem pertanian organik dimulai dari pengembangan pertanian organik, pemupukan organik dan hayati, konservasi tanah, budi daya organik sayuran dan padi sawah serta sertifikasi dan pemasaran produk organik. Informasi tentang sistem pertanian organik dan budi dayanya sangat dibutuhkan dan banyak dicari terutama oleh praktisi, stakeholder, mahasiswa dan pengajar di perguruan tinggi. Semoga informasi dalam buku ini bermanfaat bagi pengguna yang membutuhkan dan memberikan kontribusi terhadap budi daya pertanian yang menghasilkan produk yang sehat dan berkelanjutan, ramah lingkungan serta memajukan pertanian di Indonesia.

DAFTAR ISI 

PENGEMBANGAN PERTANIAN ORGANIK DI INDONESIA
(Sri Rochayati dan Husnain)

PUPUK ORGANIK UNTUK BUDI DAYA PERTANIAN ORGANIK
(Diah Setyorini)

TEKNOLOGI PUPUK HAYATI MENDUKUNG PENGEMBANGAN SISTEM PERTANIAN ORGANIK
(Rasti Saraswati, Ratih Dewi Hastuti, dan Selly Salma)

TEKNOLOGI KONSERVASI TANAH DALAM MENDUKUNG SISTEM PERTANIAN ORGANIK
(Deddy Erfandi dan Ishak Juarsah)

PENGELOLAAN LAHAN DAN BUDI DAYA SAYURAN DALAM SISTEM PERTANIAN ORGANIK
(Diah Setyorini dan Wiwik Hartatik)

PENGELOLAAN LAHAN DAN BUDI DAYA PADI SAWAH DALAM SISTEM PERTANIAN ORGANIK
(Wiwik Hartatik dan Diah Setyorini)

PENGENDALIAN ORGANISME PENGGANGGU TANAMAN DALAM BUDI DAYA PERTANIAN ORGANIK
(Wiratno)

SERTIFIKASI DAN PASAR PERTANIAN ORGANIK
(Heri Wibowo dan Husnain)

 

Hubungi Kami

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id Telp :+622518336757
Fax :+622518321608; +622518322933