1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Perangkat Uji Tanah dan Pupuk

Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS)

Merupakan alat bantu analisis hara tanah sawah secara cepat dan mudah yang bisa dikerjakan di lapangan.

Manfaat: (1) PUTS dapat digunakan untuk menetapkan status hara N, P, K, dan pH tanah; (2) Memberikan rekomendasi dosis pemupukan lebih tepat dan efisien karena didasarkan status hara tanah dan kebutuhan tanaman; (3) Satu set pereaksi PUTS ini dapat digunakan untuk menganalisis 50 contoh tanah, dengan masa kadaluarsa berkisar 1-1,5 tahun dari pertama kali kemasan dibuka.

Download Penjelasan Detail (File PDF)

Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK)

PUTK merupakan alat bantu analisis hara tanah kering secara cepat dan mudah, yang bisa dikerjakan di lapangan.

Manfaat: (1) PUTK dapat digunakan untuk menetapkan status Corganik, hara P, K, pH, dan kebutuhan kapur; (2) Menetapkan rekomendasi dosis pemupukan P, K, bahan organik dan kapur untuk tanaman jagung, kedelai, dan padi gogo; (3) Satu set pereaksi PUTK ini dapat digunakan untuk menganalisis 50 contoh tanah, dengan masa kadaluarsa berkisar 1-1,5 tahun dari pertama kali kemasaman dibuka.

Download Penjelasan Detail (File PDF)

Perangkat Uji Pupuk (PUP)

PUP merupakan alat bantu analisis kadar N, P, K dalam pupuk an-organik padat secara cepat dan mudah, yang bisa dikerjakan di lapangan.

Manfaat Dapat membantu pelaku pasar dan pengawas pupuk untuk mengetahui kualitas pupuk an-organik padat yang beredar di pasaran, agar dapat mengambil langkah langkah yang diperlukan, dengan menetapkan/menganalisis kadar N, P, K di dalam pupuk. Hasil analisis tersebut dicocokkan dengan kadar N, P, K.

Download Penjelasan Detail (File PDF)

Perangkat Uji Hara Tanaman Tebu (PUHT)

PUHT merupakan alat bantu analisa hara N, P, K dan S tanaman tebu secara cepat di lapangan.

Manfaat: (1) Dapat digunakan untuk menentukan status hara N, P, K, dan S tanah pada tanaman tebu; (2) Memberikan rekomendasi dosis pemupukan pada saat tanaman berumur 2,5 - 3 bulan.

Download Penjelasan Detail (File PDF)

Perangkat Uji Tanah Rawa (PUTR)

PUTR merupakan alat bantu analisis tingkat kemasaman tanah , kebutuhan kapur, dan kadar hara tanah sulfat masam potensial tipe luapan A dan B secara cepat dan mudah yang bisa dikerjakan di lapangan.

Manfaat: (1) Dapat digunakan untuk menetapkan status hara N, P, K, serta tingkat kemasaman, dan kebutuhan kapur; (2) Memberikan rekomendasi dosis pemupukan lebih tepat dan efisien karena didasarkan status hara tanah dan kebutuhan tanamannya; (3) Satu set pereaksi PUTR ini dapat digunakan untuk menganalisis 50 contoh tanah, dengan masa kadaluarsa berkisar 1-1,5 tahun dari pertama kali kemasan dibuka.

Download Penjelasan Detail (File PDF)

Perangkat Uji Pupuk Organik (PUPO)

PUPO merupakan alat bantu analisis kadar N, P, K dalam pupuk organik padat secara cepat, dan mudah, yang bisa dikerjakan di lapangan.

Manfaat: Dapat membantu pelaku pasar dan pengawas pupuk untuk memonitor kualitas pupuk yang beredar di pasaran, agar dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan, dengan menetapkan/menganalisis kadar N, P, K, pH, dan C di dalam pupuk. Hasil analisis tersebut dicocokkan dengan kadar hara di dalam kemasan pupuk.

Download Penjelasan Detail (File PDF)

Hubungi Kami

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id Telp :+622518336757
Fax :+622518321608; +622518322933