Simple Responsive Menu

Desa Guntarano, merupakan salah satu sentra produksi bawang di Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, mempunyai beberapa kendala, diantaranya adalah ketersediaan dan distribusi air serta kesuburan tanah karena tanah sangat berpasir dan sumber air terbatas. Pada tahun anggaran 2006 dan 2007 telah dilaksanakan penelitian pengembangan tentang Pengelolaan Air dan Hara Terpadu untuk Bawang Merah. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Program Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Inovasi (P4MI) Badan Litbang Pertanian dan Balai Penelitian Tanah.

Kegiatan dimulai dengan pemahaman pedesaan untuk menggali keinginan dan senjang teknologi yang dihadapi petani agar diperoleh solusi penanggulangannya. Dari permasalahan yang dihadapi disusun perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi teknologi hasil penelitian untuk dikembangkan. Kegiatan lapang dilaksanakan oleh petani kooperator di bawah pengawasan peneliti.

Penulisan buku ini bertujuan untuk mendokumentasikan perencanaan, penerapan, dan evaluasi teknologi dalam kegiatan penelitian pengembangan sehingga dapat dijadikan acuan dan referensi dalam pengembangan teknologi pengelolaan air dan hara terpadu di daerah yang mempunyai kemiripan sumberdaya lahan dengan lokasi penelitian.

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933