Simple Responsive Menu

Supervisi PUI Pengelolaan Tanah Presisi

Balai Penelitian Tanah (Balittanah), Balitbangtan, Kementan adalah salah satu dari 15 lembaga Pusat Unggulan Iptek (PUI) dengan fokus unggulan “Pengelolaan Tanah Presisi”. Status PUI Pengelolaan Tanah Presisi saat ini (2019) masih dalam tahap PEMBINAAN oleh Kemeristek Dikti menuju ditetapkan sebagai PUI. PUI Pengelolaan Tanah Presisi mempunyai 3 fokus bidang unggulan yaitu: 1) Pemanfaatan dan pengembangan produk riset Soil Sensing Kit, 2) Pemanfaatan dan pengembangan produk riset Pupuk Hayati Pengendali Cekaman dan Lignin Decomposer, dan 3) Pemanfaatan dan pengembangan produk riset SoilDSS.

Sejak dibina sebagai PUI telah banyak kegiatan yang dilaksanakan mengikuti rencana kerja dan masterplan yang disusun sebelumnya. Dalam rangka untuk mengevaluasi perkembangan capaian kinerja PUI Pengelolaan Tanah Presisi, pada hari Rabu 3 Juli 2019 tim supervisi PUI Pusat dari Kemenristek Dikti (Aswin Firmansyah, ST, ME dan Ichsan Usafa)  dan juga Tim Pakar (Dr. Achmad Rachman dan Dr. Sri Rochayati) telah melakukan kunjungan ke Balittanah dalam rangka melakukan Supervisi PUI Pengelolaan Tanah Presisi. Kegiatan ini selain dihadiri oleh tim Supervisi dari Kemenristek Dikti dan Tim Pakar, juga dihadiri oleh Peneliti, Staf, dan Tim Pengelola PUI Balittanah.

Acara dibuka oleh Plh. Ka Balittanah sekaligus Ketua Tim PUI Balittanah (Ibrahim Adamy Sipahutar, SP, MSc) dan dilanjutkan dengan arahan dari Sekretariat PUI Pusat (Aswin Firmansyah, ST, ME). Dalam arahannya menyampaikan bahwa PUI terus berkembang dan hingga saat ini PUI yang ada di Indonesia berjumlah 137 PUI. Selanjutnya menjelaskan juga terkait instrument suvervisi, positioning lembaga dalam 4 kuadran dan rambu-rambu dalam administrasi keuangan PUI.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Pengelola PUI Balittanah (Ibrahim Adamy Sipahutar, SP, MSc) mempresentasikan perkembangan capaian dan permasalahan yang dihadapi serta rencana tindak lanjut pada semester ke 2 (6 bulan ke depan). Pemaparan progress kinerja PUI diikuti dengan pembahasan oleh Tim Pakar. Tim pakar memberikan saran dan masukan yang sangat berharga untuk perbaikan PUI Pengelolaan Tanah Presisi ke depannya dan untuk dapat memenuhi target indikator kinerja PUI yang dipersyaratkan. Dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki Balittanah Tim Pakar yakin PUI Pengelolaan Tanah Presisi dapat mencapai target yang ditetapkan, namun diperlukan pengelolaan dokumen yang lebih baik. Acara supervisi lebih banyak waktu dihabiskan dalam bentuk diskusi.

Diakhir acara, peserta melakukan foto bersama dan dilanjutkan kunjungan tim supervisi ke Laboratorium Kimia, Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika dan Laboratorium Mineralogi Balittanah. Pada saat kunjungan laboratorium, Tim Supervisi dan tim pakar melihat demonstrasi Prototype Soil Sensing Kit yang dilakukan oleh Tia Rostaman, SSi. (Staf Laboratorium Kimia).  (IAS, 3 Juli 2019).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933