Simple Responsive Menu

Tentang Balai

Profil


Balai Penelitian Tanah (Balittanah) merupakan unit pelaksana teknis yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 96/Kpts/OT.210/1/202, tanggal 29 Januari 2002. Dalam pelaksanaan tugasnya berada di bawah koordinasi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Nomor: 157/Kpts/OT.160/J/7/2006, tanggal 10 Juli 2006.


 

Pimpinan Kami

Balai Penelitian Tanah (Balittanah) merupakan organisasi di bawah koordinasi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian (BB Litbang SDLP)
 

Balai Penelitian Tanah (Balittanah) merupakan Perpustakaan khusus, yang fungsi utamanya menyediakan informasi sesuai dengan mandat lembaga induknya, berdiri sejak tahun 2012 bidang pertanian yang ditangani adalah penelitian tanah. Sekalipun fungsi utamanya adalah menyediakan informasi untuk para peneliti, perpustakaan Balittanah juga melayani masyarakat umum (petani, penyuluh, siswa SLTA, mahasiswa, dosen) yang membutuhkan informasi. Ruang perpustakaan dilengkapi dengan AC, komputer, scanner,dan terkoneksi dengan internet atau WIFI yang dapat digunakan untuk menelusuran referensi, dan dikelola oleh satu orang pustakawan.

Subcategories

Kelompok Peneliti


Kimia dan Kesuburan Tanah

Kegiatan penelitian kesuburan tanah bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanah melalui teknik pengelolaan hara dan pupuk serta perbaikan sifat kimia tanah. Penelitian ini meliputi uji tanah untuk rekomendasi pemupukan, pengelolaan hara terpadu, dan sistem pertanian organik pada ekosistem lahan sawah dan lahan kering.

Fisika dan Konservasi Tanah

Penelitian konservasi, rehabilitasi, dan reklamasi tanah antara lain ditujukan untuk memperoleh alternatif teknologi konservasi, rehabilitasi dan reklamasi lahan, dan mengadaptasikan teknologi pengelolaan air atau irigasi suplemen melalui teknik konservasi secara vegetatif dan mekanik.

Biologi dan Kesehatan Tanah

Sasaran dan prioritas penelitian biologi tanah adalah untuk meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk anorganik dan pengomposan limbah pertanian serta bahan organik lainnya melalui pemanfaatan mikroba dan makrofauna tanah. Teknik generik yang diupayakan diperoleh melalui penelitian teknologi bioproses pupuk hayati, bioaktivator perombakan bahan organik, dan bioremediasi untuk pemulihan tanah-tanah bermasalah

Produk


Publikasi

Berbagai publikasi tentang teknologi pengelolaan tanah, rekomendasi pemupukan, panduan analisis dan cara pengambilan contoh tanah, serta berbagai informasi hasil penelitian tanah lainnya telah didistribusikan secara lokal, nasional dan internasional. Publikasi disajikan dalam bentuk cetakan (buku, booklet, folder atau leatlet) dan media elektronik (CD, VCD/DVD, Website).

Perangkat Uji Tanah dan Pupuk

PUTS dibuat untuk medukung (Permentan) No. 40/SR.140/04/2007 tentang Rekomendasi Pemupukan N, P dan K pada Padi Sawah Spesifik Lokasi sebagai acuan pemupukan berimbang.
PUTS: Alat bantu analisis kadar hara tanah N,P,K, dan pH tanah sawah digunakan di lapangan dengan cepat, mudah dan murah, serta akurat.

Pupuk Hayati

M-DeC

Mikroba perombak merupakan salah satu pupuk hayati yang dapat membantu mempercepat proses pengomposan bahan organik menjadi pupuk organik yang siap diberikan untuk tanaman. M-Dec: merupakan inokulan perombak bahan organik yang mengandung, Trichoderma, sp, Aspergillus sp, dan Trametes sp

Perangkat Lunak

Kerusakan lahan pada kawasan DAS yang terus bertambah setiap tahunnya telah menimbulkan banjir, kekeringan, serta menurunnya produktifitas lahan. SPLaSh merupakan program perencanaan aplikasi teknik koneservasi tanah dan air secara tepat dan cepat sesuai kondisi biofisik lahan dan mampu memberikan rekomendasi pegelolaan sumberdaya lahan berdasarkan eksisting data lahan.


Harga Produk

No. Nama Produk Harga (Rp) Ketarangan
1. Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) 1.000.000 Harga sudah termasuk pajak tetapi tidak termasuk biaya pengiriman
2. Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK) 950.000
3. Perangkat Uji Pupuk (PUP) 1.150.000

* Pemesanan:
Hubungi Koperasi PUSPITA Balittanah
Jl. Ir. H. Juanda No. 98. Bogor
Telp./fax: 0251-8321608
Hubungi Bu Minda (hp:08128286927)

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933