Simple Responsive Menu

Pelayanan Jasa

Laboratorium Minerogi Tanah melakukan analisa berbagai jenis mineral pada fraksi pasir dan fraksi liat tanah. Analisa fraksi pasir dilakukan menggunakan mikroskop polarisasi untuk mengetahui jumlah kandungan mineral mudah lapuk dalam tanah sebagai pembawa cadangan hara tanaman. Analisa fraksi liat dilakukan menggunakan X-ray diffraction (XRD) untuk mentukan berbagai jenis mineral liat dalam tanah sebagai dasar menentukan kemudahan pengo lahan tanah dan efisiensi pemupukan.

Diseminasi


Penyebarluasan hasil-hasil penelitian dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti seminar, temu lapang, dialog interaktif, audiensi, pameran atau ekspose (tingkat pusat dan daerah), dan publikasi ilmiah maupun populer. Selain itu adalah penyajian informasi hasil penelitian melalui website dengan alamat http://balittanah.litbang.deptan.go.id


Unit basis data tanah mengelola data tanah secara komputerisasi untuk memudahkan penyimpanan dan pemanggilan data (storing dan retrieving data). Data digital disimpan dalam bentuk spasial maupun tabular, sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan analisis sesuai dengan kepentingan pengguna.


Museum tanah menyajikan berbagai koleksi hasil penelitian tanah seperti makromonolit tanah-tanah di Indonesia. Makromonolit merupakan irisan tegak penampang tanah utuh yang diawetkan, berukuran p anjang (tinggi), lebar, dan tebal, 150 x 25 x 2-4 cm. Koleksi lainnya adalah peralatan survei tanah, buku panduan pengamatan tanah di lapang, contoh batuan, m aket konserva si tanah, contoh pupuk organik dan anorganik, perangkat uji tanah sawah, peta, dll. Museum tanah membantu para pelajar, peneliti, dan masyarakat umum mengenali jenis-jenis tanah dan praktek-praktek pengelolaannya di Indonesia.


Kebun percobaan (KP) Taman Bogo, Lampung seluas 20,14 ha terletak pada ketinggian 30 m dpl., pada 50o LS dan 105o BT, termasuk wilayah administrasi Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur.Tanahnya termasuk ordo Ultisol yang mewakili lahan kering masam terluas di Indonesia (sekitar 45,80 juta ha). Produktivitas tanah masam umumnya rendah, namun sangat potensial untuk pengembangan pertanian dengan penerapan inovasi teknologi pengelolaan lahan yang tepat.

Tugas Kebun Percobaan Taman Bogo:
1.Tempat penelitian dan pengkajian
2. Lokasi show window dan visitor plot
3. Kebun benih sumber
4. Kebun produksi
5. Lokasi Agrowisata


Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id Telp :+622518336757
Fax :+622518321608; +622518322933