Balittanah

Produk Pupuk Hayati
Banner-balittanah1
Banner-balittanah2
BioNutrien
Bannerbalittanah5
Bannerbalittanah5
banner7
banner8
banner9
banner10
banner11
KarywanBalittanah
Antikorupsi1
Antikorupsi2
Antikorupsi3
Antikorupsi4

Pupuk Hayati

M-DeC

M-Dec: merupakan inokulan perombak bahan organik yang mengandung Trichoderma sp., Aspergillus sp., Trametes sp.

Manfaat M-Dec mempercepat proses pengomposan bahan organik dari sisa-sisa tanaman pangan (jerami, padi, serasah jagung, kacang tanah), perkebunan (tandan kosong kelapa sawit, serasah tebu, blotong) dan hortikultura (sampah sayuran), sampah perkotaan (kertas, daun sisa tanaman, potongan rumput) dan kotoran hewan/ternak sehingga menjadi bahan organik tanah yang berfungsi menyimpan dan melepaskan hara di sekitar tanaman.

Keunggulan: (1) Mempercepat proses pengomposan (2 minggu) untuk menghasilkan kompos yang matang; (2) Mengurangi imobilisasi hara; (3) Menekan perkembangan penyakit, larva inseks, biji gulma, bahan buangan; (4) Menanggulangi masalah lingkungan.

Nodulin

Nodulin inokulan bintil akar plus untuk tanaman kacang-kacangan, mengandung Rhizobium sp., Azospirillum sp., Bacillus sp.

Manfaat: Merangsang pembentukan bintil akar dan aktivitas mikroba rizosfer dalam tanah.

Keunggulan: (1) Merupakan bakteri rhizobium dan pemacu tumbuh, penambat N , serta pelarut hara Pdan K; (2) Merangsang pembentukan bintil akar dan aktivitas mikroba rizosfer; (3) Memperlebat dan memperkuat perakaran, serta memperkokoh vigor tanaman; (4) Meningkatkan ketersediaan hara N, P, K sehingga pupuk N dapat dihemat sampai 100% dari dosis anjuran; (5) Memacu pertumbuhan tanaman dan meningkatkan produksi tanaman kacang-kacangan hingga 20-40%; (6) Mempunyai daya adaptasi yang luas; (7) Formulasi bahan pembawa ideal dan mudah penanganannya, cocok untuk mempertahankan keunggulan mikroba.

BioNutrient

 

BioNutrient (biological nitrogenphosphorus-potassium fertilizer) merupakan inokulan penyubur tanah dan penyedia hara untuk tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.

Manfaat: Meningkatkan aktivitas mikroba dalam tanah, kesuburan dan kesehatan tanah mendukung produktivitas tanah yang berkelanjutan.

Keunggulan: (1) Mengandung bakteri penambat N2, pelarut P dan penyedia K, serta penghasil auksin pemacu tumbuh untuk memperkuat dan memperbanyak perakaran; (2) Meningkatkan efisiensi pemupukan N, P, dan K pada tanaman pangan hingga 50% dari takaran rekomendasi; (3) Dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pupuk organic; (4) Diproses dengan teknologi maju melalui teknik aseptis mutakhir dan system pengendalian mutu yang menjamin keunggulan produk sampai di tingkat pengguna.

AgrozeaBiochar

AgrozeaBiochar merupakan formula pembenah tanah berbahan baku biochar/ arang yang merupakan hasil konversi dari limbah pertanian yang sulit didekomposisi (sekam padi, tempurung kelapa sawit, kulit buah kakao, dll.) melalui pembakaran tidak sempurna (pirolisis)

Manfaat: (1) Meningkatkan pH tanah; (2) Meningkatkan Kemampuan tanah memegang air; (3) Meningkatkan KTK Tanah; (4) Meningkatkan Retensi hara; (5) Meningkatkan C-total tanah (karbon sink)

Keunggulan: (1) Mengurangi laju emisi CO2; (2) Menciptakan habitat yang baik untuk mikro organisme (lingkungan bersifat netral pada tanah masam); (3) Bentuknya yang stabil (sulit didekomposisi) dalam tanah, sehingga mampu bertahan dalam waktu yang relatif lama dan sebagai cadangan karbon.

Jeranti

Jeranti Super merupakan pupuk majemuk lengkap khusus diformulasikan berdasarkan kebutuhan hara dan rekomendasi pemupukan untuk tanaman jeruk dan tanaman buah lainnya, sifat-sifat tanah dan kandungan hara daun jeruk. Mengandung beberapa unsur hara:

Komposisi: 18-20% N, 8-10% P2O5 , 12-14 % K2O, 1-2 % Mg, 1-3 % S dan unsur hara mikro B, Cu dan Zn.

Manfaat: Efektif dan efisien karena komposisi hara disesuaikan dengan kebutuhan tanaman jeruk dan karakteristik tanah.

Keunggulan: (1) Mengandung beberapa unsur hara yang dibutuhkan tanaman jeruk dan tanaman buah lainnya; (2) Aplikasinya lebih praktis karena berbentuk batangan.

Pugam

Pugam adalah pupuk khusus untuk tanah gambut. Manfaat: (1) Memperbaiki media perakaran tanaman; (2) Memperkuat batang padi, serealia, tebu, sehingga lebih tahan terhadap penyakit dan lodging; (3) Menekan emisi GRK; (4) Meningkatkan pH tanah; (5) Menyediakan unsur hara slow release; (6) Memiliki efek residu panjang

Keunggulan: (1) Pada gambut hemik, bisa menekan emisi GRK sebesar 47%; (2) Pada gambut saprik, mampu menghemat pemupukan dengan hanya 650 kg ha-1 untuk tanaman jagung, kacang tanah dan padi. 

Beta

Beta merupakan formula pembenah tanah berbahan dasar organik dan mineral yang telah terbukti dapat mempercepat proses rehabilitasi (pemulihan) tanah terdegradasi.

Manfaat Meningkatkan produktivitas tanah dengan cara memperbaiki : (1) struktur tanah; (2) kemampuan tanah memgang air; (3) status bahan organik tanah; (4) KTK (kapasitas tukar kation) dan pH tanah.    

AgroDeko-1

Merupakan  biodekomposer  konsorsia  dari strain-strain  fungi  Trichoderma,  penambat  N berupa khamir non patogen dan  Candida sp yang  tumbuh cepat dan mampu menghasilkan enzim-enzim yang diperlukan untuk  mendekomposisi  jaringan  tanaman yang  berupa  lignin,  selulosa  dan  hemiselulosa.

Manfaat: (1) Mempercepat  dekomposisi  biomassa  tanaman  dengan menurunkan C/N dari  40-60 menjadi 15-20  dalam  waktu 7-14  hari; (2)  Aplikasi  pada  blotong  (limbah  pabrik  gula)  efektif menghambat  pertumbuhan  mikroba pathogen dan mengurangi  bau  busuk;  (3) Tidak  perlu  bahan  tambahan  lain (urea, gula, molase,  dll.); dan (4)  Mudah dilakukan oleh petani. 

Agrimeth

Pupuk hayati untuk meningkatkan  pertumbuhan  dan produktivitas    tanaman  pangan (padi/kedelai),  hortikultura  (cabai/sayuran),  dan  perkebunan (tebu).

Manfaat: (1) Menghemat  biaya  produksi; (2)  Meningkatkan  produktivitas  tanaman  sebesar  20-50%; (3) Memperbaiki  dan  meningkatkan  pertumbuhan  akar, batang,  daun,  bunga  dan  buah; (4) Meningkatkan  daya  tahan  tanaman  terhadap  serangan mikroba  pathogen; (5) Menjamin  kesuburan  tanah  pertanian  tetap  terjaga; (6)  Aman  digunakan  dan  bersahabat  dengan  lingkungan.

Keunggulan: (1) Mengandung  bakteri  filosfer  Methylobacterium,  sp. penghasil  fitohormon  untuk  pertumbuhan  vegetatif  tanaman; (2) Mengurangi  penggunaan  pupuk  N,P, K  anorganik hingga  25-50%; (3) Dapat  diaplikasikan  pada  tanaman  pangan  (padi, kedelai),  tanaman  hortikultura  (cabai)  dan  tanaman perkebunan  (tebu).

Agro ABmix

Agro ABmix merupakan formula pupuk lengkap hara makro dan mikro yang sangat baik untuk tanaman dalam sistim hidroponik. Terdapat dua kemasan pupuk terpisah yaitu  Amix dan Bmix, dimana penggunaannya nantinya dicampur . Cara penggunaannya adalah Larutkan Amix 1 kg ke dalam 5 l air dan Larutkan juga Bmix 1kg ke dalam 5 liter air, selanjutnya campurkan 5 l  Amix dan 5 l Bmix ke dalam 90 l air, sehingga larutan pupuk menjadi 100 l dan siap digunakan untuk tanaman. Jumlah air yang digunakan perlu diperhitungkan agar efisien. Penggunaan Agro Abmix sangat disarankan menggunakan irigasi tetes/drip, jadi menyiram sekaligus memberikan pupuk. 

 

AgroBiocomp

Merupakan dekomposer yang mengandung fungi dan  bakteri pendekomposisi/pengurai biomas tanaman, ramah lingkungan, tidak mengandung mikroba patogen, dan mempercepat proses pengomposan limbah pertanian, seperti tandan kosong kelapa sawit  (TKKS), biomas jagung,  jerami padi dan sampah organik lainnya.

Manfaat: (1) Menghemat waktu persiapan tanam; (2) Meningkatkan kwalitas kompos; (3) Sumber  pupuk  organik  pada  tanaman; (4) Aman  digunakan  dan  bersahabat  dengan  lingkungan; (5) Menjaga  kesuburan tanah dan mempertahankan kadar bahan organik.

Biobus

Pupuk hayati Biobus diformulasikan dari konsorsia (gabungan) mikroba tanah unggul dari hasil seleksi yang bermanfaat dalam meningkatkan produktivitas lahan dan tanaman kedelai. Mikroba-mikroba tanah unggul tersebut berperan dalam menambat N–udara, pelarut fosfat, penghasil fitohormon dan antipatogen serta menghasilkan zat pemacu tumbuh sehingga dapat memacu pertumbuhan, pembungaan dan pemasakan buah.

 Manfaat: (1) Menambat N2 udara; (2) Meningkatkan ketersediaan hara P-tanah; (3) Meningkatkan ketahanan tanaman (anti patogen); (3) Mamacu pertumbuhan, pembungaan, dan pemasakan.