Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Pengembangan TIK Lingkup BBSDLP

TIK singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpangan, penyebaran, dan penyajian informasi.

TIK adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Di hari kedua tanggal 18 Maret 2021 dalam Koordinasi Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lingkup Balitbangtan di Savero Hotel Depok dengan tetap menggunakan prosedur prokes Pandemi Covid-19. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta Off Line (tatap muka) dan 45 peserta On Line (daring).

BBSDLP dengan UPT-UPT dibawah koordinasinya mempresentasikan “Evaluasi dan Konsep Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Lingkup BBSDLP” yang terdiri BBSDLP, Balittanah, Balitklimat, Balittra, dan Balingtan dihadapkan peserta yang disampaikan oleh Moch. Iskandar (Balittanah, Balitbangtan, Kementan).

Dalam paparannya, Iskandar menjelaskan mengenai TIK dan pengembangannya lingkup BBSDLP, antara lain (1) Website, FB, IG; (2) Aplikasi dan video yang telah dibuat di lingkup BBSDLP; (3) Kondisi jaringan internet; dan (4) Rencana ke depan.

Nara sumber selanjutnya adalah UK/UPT lingkup Balitbangtan juga mempresentasikan Evaluasi dan Konsep Pengembangan TIK-nya. Menariknya dari paparan tersebut adalah banyak ragam di setiap UK/UPT berkaitan dengan TIK.

Nara sumber berikutnya, Dedi Solaeman, ST, M.Kom dari Pusat Datan dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin), Setjen, Kementan mempresentasikan “Pengelolaan Sistem Jaringan Komputer Tahun 2021”. Dalam paparannya, Dedi menjelaskan antara lain mengenai Landasan Hukum dalam pengelolaan tersebut. Dedi juga menjelaskan mengenai Regulasi Transformasi Digital Nasional, antara lain Perpres No. 95 tahun 2018, yaitu Tim Koordinasi SPBE Nasional. SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE.

Selanjutnya Nara sumber dari Sub Koordinator Data dan Informasi Sekretariat Balitbangtan, Haryo Prabowo, S.Kom mempresentasikan “Frame Work TIK Badan Litbang Pertanian”. Dalam paparannya Haryo menjelaskan antara lain: (1) Infrastruktur Data Center Sekretariat; (2) Pemanfaatan Data Center; (3) SOP Pengelolaan TIK; (4) Back Office; dan (5) Sistem Informasi dan Manajemen Database.

Narasumber terakhir adalah Bambang Dwi Anggono, S.Sos., M.Eng, Direktur e-Government, Ditjen Aptika, Kemkominfo yang mempresentasikan “Akselerasi Reformasi Birokrasi Melalui Transformasi Digital”. Dalam paparannya, Bambang antara lain menjelaskan mengenai (1) Transformasi Global Akibat Revolusi Industri 4.0; (2) Transformasi Digital; (3) Isu-isu actual Transformasi Digital Birokrasi; dan (4) Kebijakan Umum Transformasi Digital.

Salah satu peserta dari Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Balitbangtan, M. Irman Firmansyah, ST berkesempatan memberikan pendapatnya mengenai koordinasi ini, “Koordinasi ini sangat penting, positif dan berharga bagi pengelola TIK untuk mempererat dan memperkuat sinergi antar UK/UPT lingkup Balitbangtan pada kondisi pandemi Covid-19 dalam pengembangan TIK untuk mendukung pembangunan pertanian”.

Selanjutnya peserta yang lain, ST. Rukmini, Sub Koordinator Sub Kelompok KSPP BPTP Banten, Balitbangtan mengatakan "Acara ini sangat bagus karena bermanfaat dalam men"charge" para pengelola TIK di UK/UPT lingkup Balitbangtan untuk meng-update informasi terbaru terkait TIK dan menjadi ajang diskusi antar pengelola untuk saling memberikan dukungan melakukan perbaikan-perbaikan dalam pengelolaan TIK”.  “Kita juga dapat menyajikan informasi melalui website dan medsos secara menarik, inovatif, dan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna", tambahnya.

Peserta dalam kegiatan ini baik yang off-line maupun on-line begitu “hidup” dan bersemangat dalam diskusi mengenai kemajuan TIK di seputar pembangunan pertanian dalam mendukung program kerja pemerintah. (M.Is).

 

 

 

 

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933