Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Pecah Telur, Peneliti dari Kementerian Pertanian Berhasil Melewati Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Peneliti

Tanggal 12 November 2020, peneliti Balai Penelitian Tanah, BBSDLP, Balitbangtan, Dr. Etty Pratiwi, telah melaksanakan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional yang untuk pertama kalinya dilaksanakan secara virtual di lingkup Kementerian Pertanian   

“Uji kompetensi dimulai dengan penjelasan arahan teknis oleh Yoke Pradanatama, S.E. dari Pusbindiklat LIPI terkait tata cara pengisian daftar hadir online” ungkap Etty.  Pelaksanaan uji kompetensi ini terdiri dari presentasi 20 menit dan tanya jawab dengan masing-masing Asesor selama 20 menit.

Setelah di-approve dan sudah dipersilakan oleh Asesor, peserta diarahkan untuk masuk ke zoom.  Tim Asesor yang menguji kompetensi adalah: (1) Prof. Fahmuddin Agus dari Kementerian Pertanian, (2) Prof. Muhammad Rahman Djuwansah dari LIPI, dan (3) Prof. Pratiwi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Peserta ujian kemudian dipersilakan mempresentasikan materi berupa penjelasan proses kegiatan penelitian dan kegiatan ilmiah lainnya (hasil kerja minimal/HKM) berbasis pada karya-karya yang diajukan dalam usulan kenaikan jenjang jabatan melalui e-peneliti selama paling lama 20 menit.  Ada 10 butir HKM yang dijelaskan secara rinci oleh Etty.

Setelah presentasi, secara berurutan para Asesor menverifikasi atau menggali kebenaran klaim dan pemahaman terkait portofolio yang diajukan pada HKM (Hasil Kerja Minimal), di bagian mana keterlibatan dari setiap pihak layaknya kontributor utama yang harus mendalami konsep, bagaimana proses, bagimana pembagian kerja, tahapan analisisnya seperti apa dan melihat apakah keterlibatannya layak. Prinsipnya adalah para Asesor mengklarifikasi lebih melihat peran yang bersangkutan pada butir-butir yang diajukan.  Selain itu juga ditanyakan rencana yang bersangkutan ke depan.

"Kementan pecah telur", begitu komentar staf Pusbindiklat LIPI karena Etty Pratiwi merupakan peserta pertama dari Kementerian Pertanian yang mengikuti uji kompetensi kenaikan jabatan fungsional. Bersyukur semua pertanyaan dapat dijelaskan dengan baik oleh Etty, dan tidak ada keberatan dari para Asesor.  Hasil penilaian oleh Tim Asesor selanjutnya disampaikan kepada Majelis Asesor untuk ditetapkan. (EP, AFS).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933