Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Presentasi Abdibaktitani 2020 Balittanah

Reformasi birokrasi untuk mengubah pola pikir, budaya kerja, dan sistem manajemen pemerintahan, sehingga peningkatan kualitas pelayanan publik lebih cepat tercapai telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui percepatan pendayagunaan aparatur negara. Usaha tersebut dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan untuk menghasilkan Pelayanan Publik yang prima.

Implementasi pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik terutama dalam evaluasi kinerja pelayanan publik Kementerian Pertanian memberikan apresiasi terhadap unit kerja pelayanan publik berprestasi bidang pertanian yang melaksanakan pelayanan prima (berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan yang telah terukur). Apresiasi ini dalam bentuk penghargaan Abdibaktitani. Abdibaktitani adalah penghargaan dalam bentuk piala, plakat dan piagam yang diberikan oleh Menteri Pertanian kepada UKPP (Unit Kerja Pelayanan Publik) Berprestasi Bidang Pertanian yang telah melaksanakan pelayanan prima (berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur).

Selasa 29 September 2020 Kepala Balai Penelitian Tanah (Balittanah) Dr. Ladiyani Retno Widowati mempresentasikan pelayanan Balai Penelitian Tanah dalam acara penilaian lanjutan Penghargaan Abdibaktitani 2020 melalui video conference secara virtual. Balittanah merupakan Unit Pelayanan Teknis yang memiliki tugas untuk melaksanakan penelitian tanah. Adapun fungsinya antara lain pemberian pelayanan teknik kegiatan penelitian tanah, serta penyiapan kerjasama, informasi, dokumentasi, serta penyebarluasan dan pendayagunaan hasil penelitian tanah.

Balittanah memiliki enam jenis layanan yang antara lain adalah: (1) Layanan Analisis Laboratorium. Yaitu Lab. Kimia Tanah: Tanah, Tanaman, Pupuk, dan Air irigasi; Lab. Fisika Tanah; Lab. Biologi Tanah, dan Lab. Mineralogi Tanah; (2) Layanan  Kerjasama Penelitian, yaitu penelitian bidang  kimia dan kesuburan tanah, fisika dan konservasi tanah, dan biologi  dan kesehatan tanah; (3) Layanan Bimtek dan  Magang, baik pelajar atau mahasiswa serta Institusi pemerintah dan swasta; (4) Layanan Konsultasi yang antara lain adalah penelitian konservasi, rehabilitasi, dan reklamasi tanah; konsultasi pengelolaan kesuburan tanah; serta konsultasi teknologi penggunaan lahan/pengelolaan tanah dan pupuk; (5) Layanan Uji Profisiesnsi  dengan ruang lingkup tanah, tanaman, dan pupuk organik; dan (6) Layanan Perpustakaan dan  Informasi sumber daya tanah Indonesia.

Inovasi pelayanan publik di lingkup Balittanah antara lain dikembangkannya SILPO (Sistem Informasi Layanan Pelanggan On-line), AgriDSS, Si-Lahan, serta rekomendasi pemupukan.

Balittanah menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan dan apabila tidak menepati janji ini tentu siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami utamakan profesionalisme untuk pelayanan  terbaik. (HW, M.Is).

 

 

.

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933