Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Remote Assesment ISO/IEC 17025 : 2017 Balai Penelitian Tanah

Pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh penjuru dunia telah memberikan dampak yang luar biasa pada tatanan kehidupan. Berbagai sektor bahkan hampir semua sektor telah terpukul oleh pandemi ini. Namun bidang pertanian merupakan salah satu sektor yang relatif stabil dan mampu bertahan ditengah gejolak pandemi ini, seperti yang pernah disampaikan oleh Dr Fadjry Djufry Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian beberapa waktu yang lalu. Pertanian sendiri harus disokong oleh bidang-bidang lain yang fungsinya sangat penting, salah satunya adalah terkait teknologi pengelolaan lahan. Teknologi pengelolaan lahan erat kaitannya dengan keharaan tanah, yang bisa diketahui dari pengujian di laboratorium. Sebagaimana arahan Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian Dr. Husnain bahwa laboratorium pengujian tanah sangat penting untuk pertanian, oleh karenanya harus dijaga kualitasnya.

Balai Penelitian Tanah memiliki instalasi laboratorium yaitu laboratorium kimia tanah, laboratorium fisika tanah, laboratorium biologi tanah, serta laboratorium mineralogi tanah. Laboratorium ini telah terakreditasi oleh KAN dalam ISO/IEC 17025:2017, kecuali laboratorium mineralogi tanah. ISO/IEC 17025 merupakan standar persyaratan kompetensi untuk laboratorium pengujian. Persyaratan-persyaratan yang diminta bersifat umum untuk berbagai jenis dan ukuran organisasi yang melakukan pengujian dan/ atau kalibrasi. Komite Akreditasi Nasional (KAN) menetapkan dan memberlakukan ISO/IEC 17025:2017 sebagai persyaratan akreditasi laboratorium oleh KAN.

Sebagai dampak dari merebaknya pandemi Covid-19, pelaksanaan assessment ISO/IEC 17025:2017 laboratorium Balai Penelitian Tanah mengalami kendala kedatangan assessor. Oleh karenanya KAN memberikan kebijakan dilaksanakannya assessment secara virtual atau remote assessment.

Proses Remote assessment dimulai dengan trial penilaian secara virtual dari assessor dan tim ISO/IEC 17025:2017 Balai Penelitian Tanah pada 23 September 2020. Selanjutnya pengiriman dokumen-dokumen ISO/IEC 17025:2017 atas permintaan assessor. Kepala Balai Penelitian Tanah Dr. Ladiyani Retno Widowati selaku Manajer Puncak memiliki komitmen yang sangat tinggi atas pelaksanaan assessment ISO/IEC 17025:2017. Beliau mengatakan bahwa ISO/IEC 17025:2017 merupakan jaminan mutu dari hasil pengujian di laboratorium Balai Penelitian Tanah, oleh karenanya sangat penting untuk mendapatkan dan mempertahankan akreditasi ini.

Remote assessment dilaksanakan pada 25 September 2020 melalui media virtual. Tim ISO/IEC 17025 : 2017 Balai Penelitian Tanah dipimpin oleh Kepala Balai selaku Manajer Puncak dan didukung oleh semua tim yaitu Manajer Mutu, Manajer Administrasi, Manajer Teknis dari ketiga laboratorium, penyelia, serta tim administrasi. Tim assessor dipimpin oleh Ibu Salmeiningsih, Asesor Kepala yang menangani  Aspek manajemen dan  aspek teknis  pengujian  Air Irigasi. Dibantu oleh dua assessor lain yaitu Rudy Nurachmat (RN) yang meng-asses Aspek Teknis pengujian  kimia/fisika  Tanah, pupuk dan asam Humat. Kemudian Deden Rosyid (DR) selaku Asesor Aspek Teknis pengujian mikrobiologi.

Seharian pelaksanaan assessment, dan masih ada temuan oleh assessor baik temuan 2, ataupun observasi. Seperti kata pepatah, tidak ada gading yang tak retak. Temuan-temuan assessor merupakan koreksi terhadap pelaksanaan manajemen ISO/IEC 17025 : 2017 Balai Penelitian Tanah untuk bisa menjadi lebih baik dalam menjaga mutu pengujian. Semangat juang tim ISO/IEC 17025:2017 Balai Penelitian Tanah terlihat saat pelaksanaan assessment, kekompakan dan keceriaan terpancar dari raut wajah-wajah mereka.

Dr. Ladiyani Retno Widowati selakum Manajer Puncak, Dr. Linca Anggria selaku Manajer Mutu, Heri Wibowo, ST., M.Sc selaku Manajer Administrasi, Lenita Herawati, M.Si selaku Manajer Teknis Laboratorium Kimia Tanah, Dr. Erny Yuniarti selaku Manajer Teknis Laboratorium Biologi Tanah, Ratri Ariani, SP selaku Manajer Teknis Laboratorium Fisika Tanah, dan seluruh penyelia Terimakasih atas persiapan dan pelaksanaan assessment. Menjaga mutu hasil pengujian laboratorium, menjaga keberhasilan pertanian, menjaga kedaulatan pangan dan pertanian, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. (HW, M.Is).

 

 

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933