Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Tim ISO 9001:2015 Balittanah Mengikuti Inhouse Training

Jaminan mutu hasil dan layanan merupakan kunci keberhasilan kinerja dari suatu Institusi. Sebagaimana diketahui ISO adalah Organisasi Internasional untuk Standardisasi yang terdiri atas wakil badan standar nasional setiap negara, dimana Wakil dari Indonesia adalah BSN (Badan Standardisasi Nasional).

Salah satu standar yang disusun adalah ISO 9001, yaitu tentang sistem manajemen mutu, orientasi kepada kepuasan pelanggan yang sifatnya generik dan bisa diaplikasikan untuk seluruh sektor (pemerintah, swasta, UKM dan dan lain-lain).

Sejak pertama diterbitkan, ISO 9001 mengalami 2 kali perubahan minor (1994, 2008) dan 2 kali perubahan major (2000, 2015). Versi terkini ISO 9001 adalah ISO 9001:2015.

ISO 9001 lebih berisi persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemerintah, swasta, UKM dan dan lain-lain, di mana cara untuk memenuhi persyaratan tersebut diserahkan ke masing-masing tergantung dari jenis dan kompleksitas dari masing-masing kegiatannya. 

Manfaat Penerapan IS0 9001 bagi suatu intitusi adalah : (1) Jaminan mutu yang terorganisasi, sistematik dan efektif; (2) Meningkatkan image organisasi dan daya saing; (3) Meningkatkan kesadaran mutu dalam organisasi; (4) Ada pengakuan formal terhadap eksistensi organisasi; (5) Menjadi metode reformasi birokrasi dan pencapaian target; (6) Menambah kepercayaan Organisasi dalam pelayanan; dan (7) Meningkatkan mutu pelayanan secara terus menerus, dan senantiasa melakukan perubahan / Inovasi.

Pada tanggal 28 September 2020, Balittanah telah melakukan Sosialisasi dan Pemahaman dalam bentuk inhouse training  secara virtual mengenai ISO 9001:2015. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Balittanah Dr. Ladiyani Retno Widowati, MSc diikuti oleh Pejabat struktural Balittanah, serta Tim ISO Balittanah (Dr. Diah Setyorini; Heri Supiono, SE.; Dila Aksani, SP, MSi; Septiyana, SP, M.Si; Kuspriyanto, SE; Usman, A.Md; Alfareza G Ramadhan, A.Md; dan Rani Fitria). Bertindak sebagai Nara Sumber adalah Dr. Saptowo Pardal dari BB Biogen.

Saptowo dalam penjelasannya antara lain mengatakan “Orientasi dari ISO 9001:2015 adalah kepuasan pelanggan dari produk dan teknologi yang dihasilkan”. serta “standar yang diberlakukan adalah universal”.

Selanjutnya Kepala Balittanah antara lain menjelaskan bahwa Inhouse training ini sangat penting bagi Tim ISO 9001 Balittanah, karena salah satu prasyarat bagi anggota Tim dan juga tim audit internal ISO 9001 harus mengetahui dan memahami ISO 9001 ini.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga jam dan diakhiri dengan diskusi yang sangat intens. Diharapkan dengan diterapkannya ISO 9001 di Balittanah, maka kinerja penelitian dan pelayanan dapat berjalan dengan baik dan memberikan outcome yang seluas-luasnya. (M.Is,  LRW).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933