Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

1st International Conference Tentang Pengelolaan Lahan Tropis dalam Suasana Pendemi Covid

Pertanian sebagai penggerak utama pembangunan ekonomi di negara tropis menghadapi tantangan besar untuk memberi makan 40% penduduk dunia yang tinggal di dalamnya. Dengan sinar matahari yang melimpah dan perbedaan suhu yang rendah, para petani dapat bercocok tanam sepanjang tahun. Negara tropis juga dicirikan oleh kepadatan penduduk yang tinggi, dan karenanya tekanan untuk menggunakan lahan secara intensif, termasuk lahan miring yang rawan erosi dan lahan yang kurang sesuai. Dengan penggunaan intensif, pertanian tropis rentan terhadap degradasi lahan. Selain itu pertanian juga dihadapkan pada permasalahan perubahan iklim, Hal ini merupakan tantangan tersendiri, sehingga perlu adanya kebijakan dan penerapan inovasi teknologi.

Saat ini sedang berlangsung 1st International Conference on Sustainable Tropical Land  Management (ICSTLM) secara Daring, dimana Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian bertindak mewakili Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian sebagai pelaksananya. Acara yang dibuka secara resmi oleh  Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si dan Kepala Balitbangtan Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si sebagai pengarah. Dalam arahannya, Menteri pertanian menyampaikan bahwa program-program utama pertanian yang mendukung pengelolaan tanah tropika diantaranya saat ini dikembangkannya Food Estate berbasis padi di Kalimantan Tengah, dan Food Estate berbasis hortikultura di Humbang Hasundutan di Sumatera Utara.

Acara ICSTLM ini diisi oleh Keynote Speaker yang merupakan ahli di bidangnya, yang berasal dari  University of Nebraska, French National Centre for Scientific Research, University of Sidney,  The International Union of Soil Sciences, Wageningen University and Research, Netherlands, serta Badan Litbang Pertanian. Acara ini didukung oleh HGI, HITI, PERAGI, IUSS dan diikuti lebih dari 500 peserta dari berbagai kalangan (pengambil kebijakan, lembaga penelitian, universitas, perusahaan pupuk, penyuluh dan stake holder lainnya).

Acara akan berlangsung dari tanggal 16 sampai 18 September 2020 dengan 5 sesi kelas parallel (LULS=Land Use, Land Suitability, and Risk Mappings; SWCM=Soil, Water, and Crop Management and the Socio-Economic Dimensions; CC=Adaptation and Mitigation to Climate Change; SQA=Soil Quality Assessment; dan DPA=Digital and Precission Agriculture) yang berfungsi mewadahi berbagai bidang keahlian dari pengelolaan lahan. Acara ini tidak hanya mewadahi para peneliti untuk menyampaikan hasil penelitiannya tetapi juga menyebarkan/mendiseminasikan hasil penelitian yang berguna bagi para pengambil kebijakan dan lainnya. Selain itu diharapkan acara ini dapat menambah semangat peneliti dan mahasiswa dalam hal penelitian dan publikasi. (LRW, AFS, M.Is).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933