Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Kilauan Bulir Jagung Mengiringi Senyum Ceria Petani Margototo

Kilauan bulir jagung dari tongkol-tongkol jagung yang siap dipanen tampak jelas terlihat di areal kebun jagung beriringan dengan senyuman petani yang sedang menuai hasil usaha mereka selama empat bulan terakhir.

Lampung Timur,12 Maret 2020, dengan cuaca yang cerah namun sejuk, bertempat di Desa Margototo, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur telah dilaksanakan "Panen Raya Pengembangan Jagung Provitas Tinggi dengan Kombinasi Teknik Budidaya dan Teknologi Rekapitulasi Fosfat Alam". Kegiatan panen raya ini dihadiri oleh Badan Pusat Statistik Propinsi Lampung, Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Timur, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Lampung Timur, peneliti BPTP Lampung, peneliti Balittanah-BBSDLP, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Camat Metro Kibang, Kades Margototo, Ketua Gapoktan beserta petani kooperator yang terlibat dalam kegiatan jagung provitas tinggi.

Acara panen raya yang dipandu oleh peneliti Balittanah, Dr Adha Fatmah Siregar, diawali dengan sharing pengalaman dari ketua gapoktan Eko Suprapto. Eko menceritakan pengalamannya dengan teknologi Jagung Provitas Tinggi dengan Kombinasi Teknik Budidaya dan Teknologi Rekapitulasi Fosfat Alam ini telah terbukti dapat meningkatkan produksi jagung para petani koperator. "Dengan menerapkan teknologi dan sistem zigzag ini dan aplikasi P-alam (rock phosphate), hasil yang diperoleh mencapai 10 t/ha pipilan jagung kering, sedangkan sebelum mengikuti kegiatan ini hanya bisa menghasilkan 6 sampai 7 t/ha pipilan" ujar Eko.

Selanjutnya Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Timur, yang dalam hal ini diwakili oleh Hadi Makrum menyampaikan bahwa perlu adanya kawasan korporasi jagung sehingga kedepannya petani dapat menikmati harga penjualan jagung sesuai dengan harga wajar dan pendapatan petani pun akan meningkat.

Kepala Badan Pusat Statistik Propinsi Lampung, Faisal yang dalam sambutannya mengatakan bahwasanya BPS adalah sebagai pengumpul data dan informasi yang benar-benar terjadi di lapang/data real dari daerah-daerah. Setelah data dari daerah terkumpul baru kemudian disampaikan kepada pemerintah pusat yang nantinya akan dijadikan sebagai dasar kebijakan oleh pemerintah pusat.

Harapan akan keberlanjutan penyebaran teknologi jagung provitas tinggi ini juga disampaikan oleh Camat Metro Kibang Edi Harnowo. Edi menyampaikan agar program ini dapat menjangkau wilayah sentra jagung lainnya sehingga petani jagung dapat lebih bersemangat dalam bertanam jagung.

Selanjutnya sebelum pelaksanaan penghitungan hasil panen oleh BPS, Kepala BBSDLP yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Kepala Balai Penelitian Tanah Dr. Ir. Ladiyani Retno Widowati, MSc kesempatan ini, yang pertama beliau mengatakan bahwa rock phosphate atau fosfat alam adalah merupakan sumber bahan baku untuk membuat pupuk SP-36 dan TSP. "Dengan aplikasi 1 ton fosfat alam per ha bisa menyuplai P selama lima musim tanam, selanjutnya cukup dengan urea dan KCl serta jangan lupa bahan organik dikembalikan ke lahan" ujar Ladiyani.

Pada kesempatan ini Ladiyani juga mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan dari semua pihak yang terkait dengan program ini.

Selanjutnya acara panen ubinan yang didampingi oleh BPS dengan mengambil luasan ubinan 2,5 x 2.5 m2 maka setelah mengurangi faktor koreksi kadar air 30%, rendemen pipilan 25% maka produksi pipilan kering mencapai 11,5 t/ha. Hasil ini sudah jauh di atas rata-rata produksi nasional yang berkisar 5,5 ton pipilan kering per ha.

Melalui paket teknologi jagung provitas tinggi Balitbangtan diharapkan geliat semangat petani dalam bertanam jagung dapat meningkat dan didukung dengan harga jual yang bagus sehingga kilauan bulir jagung akan tampak beriringan dengan senyum petani jagung. (AFS, MH).

 

 

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933