Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Berbagi Pengetahuan di Ujung Pulau Sumatera

Salam ceria dari ujung Pulau Sumatera. Itulah gambaran yang tampak jelas dari para ujung tombak pertanian kita, para Penyuluh dari wilayah Aceh Timur dan Bireun. Keceriaan dan antusias para penyuluh tampak dalam mengikuti BIMTEK Pengelolaan Kesuburan Lahan yang berlangsung pada 3 Maret di BPP Peurlak, Aceh Timur dan dilanjutkan di Bireun pada 5 Maret 2020.

Acara bimtek (bimbingan teknis) ini merupakan kegiatan BPPSDMP yang didukung oleh narasumber dari Balai Penelitian Tanah, Balitbangtan yang berlangsung estafet selama tiga minggu di bulan Maret ini dan diselenggarakan di 67 kabupaten di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan bimtek di wilayah Aceh, tim narasumber dari Balai Penelitian Tanah, Balitbangtan yaitu Dr Adha Fatmah Siregar dan teknisi senior Endang Hidayat menyampaikan materi terkait pengelolaan kesuburan lahan.

Dalam pemaparan materi Bimtek, Adha menyampaikan bahwa untuk mencapai produksi optimum, maka perlu diketahui tingkat kesuburan tanah agar pupuk yang diberikan dalam jumlah yang sesuai kebutuhan tanaman dan kondisi kesuburan tanah. "Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah adalah dengan menggunakan perangkat uji tanah" ujar Adha.

Lebih lanjut Adha menyampaikan bahwa Balai Penelitian Tanah, Balitbangtan telah menghasilkan suatu teknologi yang praktikal, cepat dan tepat untuk menentukan status hara tanah yang dilengkapi dengan rekomendasi pemupukan untuk komoditas pajale. Perangkat uji yang telah ada terdiri atas PUTS (Perangkat Uji Tanah), PUTR (Perangkat Uji Tanah Rawa), serta perangkat uji mutu pupuk PUP (Perangkat Uji Pupuk).

Bimtek ini juga diisi dengan praktek pengambilan contoh tanah, penggunaan PUTS dan PUP yang disampaikan oleh Endang Hidayat.

Peserta bimtek menyampaikan bahwa dengan pelaksanaan bimtek ini penyuluh memperoleh banyak informasi yang bermanfaat tentang pengelolaan kesuburan lahan sawah dan praktek penggunaan PUTS dan PUP.

Acara yang berlangsung satu hari ini ditutup oleh Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh Timur, Ir Muslim. Dalam sambutannya pada penutupan Bimtek, Muslim menyampaikan agar para penyuluh yang telah memperoleh materi bimtek dapat mengaplikasikan ilmunya dalam pekerjaan keseharian sebagai penyuluh pertanian. Muslim juga menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan bimtek ini.

Semoga Bimtek ini dapat memperkaya kualitas para penyuluh kita sebagai ujung tombak pertanian Indonesia. (AFS dan M.Is).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933