Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Seputar SKP dan Kegiatan Lainnya

Sesuai dengan PP Nomor 46/2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS dan Perka BKN Nomor 1/2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan PP Nomor 46/2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS, maka PNS diwajibkan untuk menyusun Sasaran Kerja Pegawai (SKP) sebagai dasar penilaian prestasi kerja pegawai.

Tujuannya adalah untuk menjamin objektifitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja, sedangkan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) adalah rencana dan target kinerja yang harus dicapai oleh pegawai dalam kurun waktu penilaian yang bersifat nyata dan dapat diukur serta disepakati pegawai dan atasannya.

SKP merupakan salah satu topik yang hangat dibicarakan dan didiskusikan pada Rakor Seninan Balittanah kali ini. Rakor dilaksanakan senin 10 Februari 2020 bertempat di RR 2 Balittanah yang dipimpin oleh Plh Kasubbag TU, Heri Wibowo, M.Sc dihadiri oleh Ka Balittanah, pejabat struktural, ketua kelti, peneliti, litkayasa, pustakawan, PPK, laboran, dan staf Balittanah.

Dalam paparannya, Plh Kasubbag TU, Heri Wibowo, ST., M.Sc. antara lain menekankan mengenai SKP dan permasalahannya, absensi pegawai, pembangunan Smart Screen House yang telah selesai dan petugas belajar (peneliti) yang diajukan ke Balitbangtan.

Kasie Yantek, Ibrahim Adamy, SP., M.Sc memaparkan antara lain SKP, kegiatan penelitian tahun 2020, permintaan dari Balitbangtan untuk calon teknologi yang dihasilkan oleh Balittanah 2019 dan 2020, mengikuti rakor program lingkup Balitbangtan, mengikuti sosialisasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI), persiapan setting system Smart Screen House dan merencanakan training untuk peneliti dan teknisi untuk operasinal SSH tersebut dan terakhir melaporkan kegiatan yang akan diikuti oleh Sie Yantek di tahun 2020.

Kasie Jaslit dalam hal ini diwakili oleh Ijang Isyapudin, A.Md melaporkan antara lain sistem pelayanan publik harus dimaksimalkan, kesiapan pelayanan publik, penyusunan SK 2020 untuk PUI dan KNAPP.

Selanjutnya Unit Keuangan diwakili oleh Hery Supiono melaporkan akan mengikuti sosialisasi SAKTI, dan melaporan pengelolaan keuangan TA 2020.

Dalam arahannya, Kepala Balittanah, Dr. Ladiyanti Reno Widowati diawali dengan membaca Alfatihah untuk kesembuhan dari sakitnya salah satu Staf Balittanah, Yayan Supriana. Selanjutnya Ka Balittanah menjelaskan secara panjang lebar mengenai SKP dan aturan-aturannya, serta permasalahannya. Ka Balittanah juga mengharapkan dapat memecahkan kendala yang ada serta menanyakan kepada yang lebih mengerti mengenai SKP ini.

Mengenai Smart Screen House, Ka Balittanah mempersilahkan Plh Ka Subbad TU dan Kasie Yantek untuk menetapkan kapan waktunya training bagi peneliti dan teknisi. Selanjutnya terkait untuk tugas belajar yang mempunyai peluang adalah dua peneliti Balittanah. Ka Balittanah juga menekankan penetapan petugas yang berada di depan (front office) sesuai dengan standar pelayanan publik.

Untuk kegiatan penelitian 2020 sudah mulai diinventarisasi kebutuhan-kebutuhan (misalnya bahan kimia, peratalatan) karena pada saatnya diperlukan sudah ada bahan dan peralatan tersebut, lanjut Ka. Balittanah.

Berkaitan dengan kegiatan hari Sabtu dan Minggu (8 dan 9 Februari 2020) Ka. Balittanah menjelaskan mengenai peran Balittanah dalam kegiatan Istri Menteri Pertanian (Hj. Ayunsri Syahrul Yasin Limpo), Koordinator Bidang 5 Oase KIM yang programnya mengenai Indonesia Hijau, sasarannya adalah Ibu Rumah Tangga dan yang mengelola sekitar perumahan. Kegiatan utamanya adalah KRPL dengan pembuatan biopori dilakukan hari minggu kemarin 9 Februari 2020.Intinya adalah kita Balittanah, Balitbangtan, Kementan mendukung kegiatan Istri-istri menteri tersebut. Selanjutnya nanti ada bimtek dan pendamping di beberapa daerah.

Diakhir arahannya Ka. Balittanah menyampaikan perihal surat Plt Sekretaris Balitbangtan mengenai Blocking Space di Koran Sinar Tani dan majalah Science Indonesia, Ka. Balai menugaskan peneliti untuk membuat tulisan popular terkait informasi teknologi yang siap aplikasi untuk disampaikan ke Koran Sinar Tani dan Majalah Science Indonesia.

Rakor ini diakhir dengan diskusi yang begitu baik dan hangat yang mendiskusikan beberapa hal yang terkait dengan bahasan diatas. (M.Is).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933