Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Teknologi Jagung Provitas Tinggi pada Lahan Kering Masam

Februari, bulan penuh cinta, saat yang tepat menyebarkan "cinta" akan teknologi dan inovasi di sektor pertanian. Bertempat di Desa Margototo Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur, pada tanggal 13 Februari 2020 telah diadakan kegiatan Temu Tani pengembangan jagung provitas tinggi dengan kombinasi teknik budidaya dan Teknologi Rekapitulasi Fosfat Alam. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lampung Timur, Peneliti Balai Penelitian Tanah, Koordinator Penyuluh dan POPT Kec Metro Kibang, Kades Margototo dan Ketua gapoktan beserta petani koperator yang terlibat dalam kegiatan jagung provitas tinggi.

Acara Temu Tani ini di awali dengan keliling melihat performa pertumbuhan tanaman jagung serta penjelasan terkait teknoligi rekapitulasi fosfat dan pola tanam zig zag yang disampaikan oleh peneliti senior Balittanah, Ir A. Kasno, M.Si dan selanjutnya acara diteruskan dengan diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Dr. Adha F. Siregar.

Dalam acara ini, Kepala Balittanah yang pada kesempatan ini diwakili oleh Dr I Wayan Suastika menyampaikan bahwa Badan Litbang Pertanian memiliki perwakilan di wilayah Lampung yaitu BPTP dan KP. Taman Bogo. Selanjutnya Wayan juga menyampaikan bahwa kegiatan pengembangan jagung provitas tinggi dengan kombinasi teknologi rekapitulasi fosfat alam dan teknik budidaya sistem tanam zig zag merupakan kegiatan lanjutan dari tahun sebelumnya. Paket teknologi ini sudah masuk musim ketiga telah menunjukkan peningkatan produktivitas jagung yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan petani yang didukung dengan harga jual jagung yang cukup bagus kisaran Rp 4.200 di petani dan Rp. 4.800 harga di gudang.

"Dan yang tak kalah pentingnya beliau menyatakan bahwa Kekuatan kelompok merupakan salah satu kunci keberhasilan program ini" ujar Wayan.

Kepala BPTP Lampung, Dr. Ir. Wahyu Wibawa, M.P dalam sambutannya juga menyampaikan hal yang senada bahwa dengan inovasi yang diterapkan di Margototo ini dapat meningkatkan produktivitas jagung dan pendapatan petani dengan meningkatnya harga jual.

Kegiatan denfarm jagung provitas tinggi ini juga mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Lampung Timur, David Ariswandi. Dalam sambutannya David menyampaikan terima kasih kepada Balittanah, Balitbangtan, Kementan yang telah memfasilitasi program ini yang telah terbukti memberikan dampak positif khususnya bagi petani di Margototo. Lebih lanjut David mengajak semua steakholder untuk bersinergi dengan mengisi kekosongan yang ada di sektor pertanian untuk membangun dan memajukan serta meningkatkan hasil pendapatan petani dan diharapkan agar teknologi yang telah diterima oleh petani di Margototo dapat dilanjutkan dan disebarluaskan ke petani di wilayah lain. "Kami dari dinas pertanian siap bekerjasama untuk memfasilitasi dalam membangun pertanian guna meningkatkan pendapatan petani Lampung Timur khususnya" ujar David.

Petani koperator yang terlibat pada kegiatan ini juga menyampaikan keberhasilan mereka setelah mengikuti kegiatan jagung provitas tinggi. Ketua Gapoktan, Eko menyampaikan pengalamannya bahwa potensi hasil 12 ton/ha pipilan atau 18 ton glondong tercapai dengan teknologi dan sistem zigzag dengan potensi pendapatan bersih mencapai 90 juta rupiah, sedangkan sebelum mengikuti kegiatan ini hanya mencapai 6-7 ton/ha pipilan. Para petani berharap agar program ini dapat terus berlanjut. Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Margototo terkait harapan akan keberlanjutan program ini.

Rangkaian acara yang sederhana namun penuh makna ini dipenuhi dengan diskusi yang interaktif yang penuh akan informasi untuk kemajuan pertanian. Jayalah Pertanian Indonesia. (AFS, His, dan M.Is).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933