Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Evaluasi Kinerja dan FGD Penguatan Kelembagaan Pusat Unggulan Iptek di Balittanah

Selaras dengan era industri 4.0, Ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia juga harus semakin unggul serta aplikatif. Lembaga-lembaga pengetahuan dan pendidikan didorong untuk memiliki daya saing berlomba mengeluarkan produk-produk IPTEK nya.

Dalam rangka penguatan Pusat Unggulan Iptek (PUI) tahun 2019 Kemenristekdikti mengembangkan skema dan mekanisme pembinaan bagi lembaga litbang dalam memperkuat kapasitas kelembagaan mencakup sourcing capacity, R&D capacity, dan diseminating capacity.

Salah satu upaya yang dilakukan Kemenristekdikti dalam mekanisme pembinaan adalah melaksanakan Forum Evaluasi Kinerja dan FGD Penguatan Kelembagaan Pusat Unggulan Iptek pada Tahun 2019. Forum ini merupakan salah satu asistensi pembinaan untuk membahas substansi capaian kinerja lembaga Litbang Balittanah selama tahun 2019 serta potensi penetapan atau perpanjangan status Balittanah sebagai PUI.

Adapun FGD penguatan lembaga PUI dilakukan untuk melihat kesesuaian pelaksanaan kegiatan yang sudah dilaklukan dengan roadmap yang telah disusun sebelummya serta sebagai langkah percepatan pelaksanaan kegiatan dalam rangka pencapaian target lembaga Balittanah sebagai Pusat Unggulan Iptek.

Kegiatan Evaluasi Kinerja dan FGD Penguatan Kelembagaan Pusat Unggulan Iptek Balittanah dilaksanakan pada Tanggal 12 November 2019 bertempat di ruang rapat II Balittanah. Acara ini dihadiri langsung oleh pihak Kemenristekdikti dalam hal ini  Kasubid Lemlitbang yaitu Layla Nirsa, S.Sos., M.Hum., dan Ichsan, A.Md. (staf Kemeristekdikti), Kepala Balai Penelitian Tanah (Dr. Ladiyani Retno Widowati), Tim Pakar (Dr. Achmad Rachman dan Dr. Sri Rochayati), serta tim PUI Balittanah.

Layla menilai capaian kinerja lembaga PUI Balittanah telah melebihi target namun demikian masih tetap harus dilakukan penyempurnaan lagi agar hasilnya  optimal.

Tim pakar, Dr. Sri Rochayati mengharapkan adanya kemampuan pegawai dalam hal penguasaan IT. Hal ini untuk mengimbangi kemajuan era industri 4.0. Selanjutnya Dr. Achmad Rahman juga  memberikan masukan mengenai publikasi dan sitasi di Balittanah. Beliau menyoroti rasio jumlah peneliti di Balittanah yang belum seimbang dengan sitasi publikasinya.

Balittanah selaku lembaga PUI bertekad  untuk meningkatkan kinerja dan terus berinovasi menciptakan teknologi di bidang pertanian yang aplikatif sehingga mampu meningkatkan produktivitas serta nilai tambah sektor pertanian. Salam PUI. (Ijang, KZ, M.Is, AFS).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933