Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Seninan, Cara Penyampaian Informasi yang Efektif

Balittanah setiap minggu mengadakan Rakor Seninan. "Tujuan rakor ini adalah agar informasi kegiatan dalam satu minggu ke belakang bisa diinformasikan dengan baik di Seninan ini”, demikian salah satu penjelasan Ka Balittanah pada Rakor Seninan kali ini.

Rakor kali ini dilaksanakan pada tanggal 4 November 2019 di RR II Balittanah dipimpin oleh Ka Balittanah (Dr. Ladiyani Retno Widowati), dihadiri oleh pejabat struktural, Ka kelti, peneliti, litkayasa, pustakawan, dan staf Balittanah.
Pada kesempatan rakor ini antara lain dipaparkan kegiatan ketatausahaan, serapan dana penelitian, pengadaan barang yang telah dilakukan, SPI, diseminasi, kegiatan laboratorium, dan kegiatan penelitian.

Dalam Rakor ini, Ka Balittanah antara lain mengharapkan juga seluruh staf Balittanah yang dinas luar di hari Senin bisa menghadiri Rakor Seninan terlebih dahulu.

Selanjutnya Plh Ka Subbag TU, Heri Wibowo ST, M.Sc menjelaskan mengenai rekap absensi ASN Balittanah 2 minggu terakhir ini, juga dijelaskan cara pengisian SKP. “Untuk pengisian SKP tahun 2020 terdapat perubahan pada sistem e-personal antara lain aktifitas diisi per 2 minggu maksimalnya, tanggal 1-14 dapat diisi maksimal sampai tanggal 17 dan aktifitas harian tanggal 15-31 hanya dapat diisi sampai tanggal 3 bulan berikutnya., lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Ketua ULP Balittanah, Dr. Adha Fatmah Siregar menjelaskan mengenai 5 paket lelang di TA 2019, dimana dari lima paket tender, empat paket sudah terealisasi dan 1 satu paket yaitu Pengembangan Sistem Layanan Online dan Otomatisasi Peralatan Laboratorium Tanah sedang dalam proses.

Unit keuangan dan Sie Yantek yang diwakili oleh Heri Supiyono menjelaskan mengenai penyerapan dana penelitian 2019. Kasie Jaslit, Dr. Asmarhansyah menjelaskan tentang enam kerjasama yang telah dilaksanakan pada tahun 2019 yaitu, kerjasama dengan KREI, Peat Posh, PT. Pupuk Sriwijaya, PT Pupuk Kaltim, PT GCS, dan PT Pupuk Indonesia.

Sistem Pengendalian Internal (SPI) dijelaskan oleh Ijang Isyapudin (staf jaslit) pada rakor seninan ini, antara lain menjelaskan kehadirannya dalam Forum Nasional SPI yang dilaksanakan pada tanggal 28-30 Oktober 2019 yang lalu. Sedangkan kegiatan PUI dijelaskannya antara lain mengenai persiapan kegiatan FGD PUI pada tanggal 12 November 2019.

Selanjutnya Ketua Kelti Biologi dan Kesehatan Tanah (Dr. Surono) antara lain menjelas kan mengenai produk-produk yang terkait dengan PHPC (pupuk hayati pengendali cekaman) dan lignin dekomposer. Balittanah sudah mempunyai banyak hasil penelitian dan produk pupuk hayati, biopestisida dan agen remediasi yang akan dibuat kultur koleksi mikroba.

Pada rakor ini, peserta dengan antusias, dan aktif berdiskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan paparan diatas.

Pada akhir acara rakor, diputarkan video mengenai salah satu produk Balittanah yang akan dilaunching tahun ini, yaitu video Soil Sensing Kit.

Diharapkan dengan kegiatan rutin Rakor Seninan ini mampu lebih mengoptimalkan kinerja SDM Balittanah. BRAVO Balittanah.(M.Is, AGR).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933