Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

ADBI-KREI Forum on Food Security and Sustainable Agriculture in Asia

Konferensi Food Security and Sustainable Agriculture in Asia diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 30 Oktober 2019.  Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Chulju Kim, Deputy Dean, Asian Development Bank in Asia. Selanjutnya Welcoming Remark oleh Presiden Korea Rural Economic Intitute, Hongsang Kim. Dan dilanjutkan dengan Congratulatory Remarks  oleh Il Joeng Joeng, Director General of the International Cooperation Bureau, Ministri of Agriculture, Food, and Rural Affair of Republic of Korea. Ada tiga pertanyaan yang dilontarkan oleh Chulju Kim, yakni Pertanian Berkelanjutan dan Ketahanan Pangan sangat penting di Asia? Apa tantangan untuk ini? dan Apa prioritas utama ADB dan ADBI menghadapi tantangan tersebut? Jawabannya adalah satu yakni pengentasan kemiskinan pada tahaun 2030 sebagaiman tercantum dalam tujuan 1 Program PBB yakni Sustainable Development Goal.

Dalam konferensi ini Poverty - Food Security - Rural Development menjadi 3 kunci utama.  Untuk tahun-tahun ke depan tantangan terhadap  food security semakin besar karena adanya peningkatan jumlah penduduk, tuntutan kualitas pangan serta kesehatan lingkungan. Saat ini sekitar 264 juta orang masih berada di bawah garis kemiskinan, dan 1,1 juta orang masih berpeluang terdorong menuju ke bawah garis kemiskinan kembali.

Pada acara ini Indonesia diwakili dari Biro Kerjasama Luar Negeri (Widyanto Soetajan), Ditjen PSP (Taufik Fathurrahman) dan Balitbangtan (Ladiyani Retno Widowati). Sebanyak 10 negara menghadiri acara tersebut, dan diantaranya 7 negara memaparkan kondisi perkembangan food security  dari masing-masing negara yaitu Korea, Mongolia, Kamboja, Lao PDR, Indonesia, dan Philippina. Widyanto Soetajan memaparkan tentang capain dan rencana pemerintah Indonesia dalam menghadapi tantangan Ketahanan Pangan dan Pertanian Berkelanjutan.

Dari paparan Dr. Jay Variyam, Direktur Economic Research Service, US Department of Agriculture, diperhitungkan antara 2019 - 2029 akan terjadi peningkatan income perkapita di Asia yang disumbangkan terbesar dari Indonesia dan India. Hal ini merupakan berita baik, dimata dunia Indonesia mempunyai potensi positif dalam hal capaian bidang pertanian dan perekonomian. (LRW, M.Is).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933