Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Kinerja Pegawai Balitbangtan Harus Selalu OK

Dalam rangka pembinaan Pegawai Negeri Sipil terkait disiplin pegawai, penilaian kinerja pegawai, dan prosedur peraturan pemerintah yang berlaku saat ini Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melaksanakan Workshop Pengelola Kepegawaian Balitbangtan.

Kegiatan yang dihadiri oleh 100 peserta pengelola kepegawaian dari UK/UPT lingkup Balitbangtan dilaksanakan di Soll Marina Hotel, Bangka pada 22-25 Oktober 2019.

Plt. Sesbalitbangtan (Kapuslitbanghorti) Dr. Hardiyanto dalam sambutannya mengemukakan bahwa bagian kepegawaian mengemban amanah untuk memberikan pelayanan kepada seluruh staf. Sekecil apapun harus memberikan pelayanan terbaik. “Tantangan kepegawaian saat ini adalah membuat sistem yang seefektif mungkin dalam memberikan pelayanan” ujar Hardiyanto.

Sedangkan Ka Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry, MS menyampaikan bahwa Balitbangtan dengan 65 UK/UPT nya memiliki jumlah pegawai yang hampir 6000 PNS membutuhkan pengelolaan manajemen yang prima dengan kerja ikhlas. Banyak yang harus dibenahi dalam sistem kepegawaian. “Kedepannya semua administrasi harus bisa diakses dalam sekali sentuhan tangan, dengan tidak ada lagi keterlambatan kenaikan pangkat maupun pengurusan ijin belajar, bekerja harus cepat, tepat dan terukur” ungkap Fadjry.

Acara workshop menampilkan motivator Kang Hadi Hidayat dari Bogor. Hadi mengatakan bahwa setiap kita makin banyak mengeluh, maka akan semakin banyak masalah yang akan kita hadapi. Sebaliknya satu kebahagiaan akan melahirkan kebahagiaan lainnya. Kita harus optimis dengan pikiran positif, hilangkan pikiran negatif dalam setiap sistem kerja kita. Kita harus optimis dengan pemerintahan baru kita. Pikiran, perkataan, dan perasaan akan melahirkan suatu perbuatan, oleh karenanya kita selalu posiitif dalam pikiran, perkataan, dan perasaan. Setiap perjuangan membutuhkan proses, menikmati proses jauh lebih nikmat daripada hasil proses. “Bekerja merupakan sebuah kemaslahatan, apa yang bisa kita lakukan haruslah memberikan manfaat bagi sesama melalui kerja di atas rata-rata”sambung Hadi.

Workshop ini juga menghadirkan Kepala Badan Penanggulangan Narkotika Propinsi (BNNP) Bangka Belitung, Brigjen Pol Drs. Nanang Hadianto yang memberikan pembekalan dan pencerahan kepada peserta workshop terkait ancaman penyalahgunaan narkotika. Perkembangan permasalahan narkoba dan penanganannya di Indonesia. Pencegahan dan pemberdayaan masyarakat merupakan usaha terbaik dalam pengendalian dan meminimalisir peredaran narkotika.

Pemateri dari Badan Pertimbangan Kepegawaian (Bapek), Kemen PAN RB, Suwanta, SH. Bapek merupakan lembaga yang bertugas menyelesaikan sengketa kepegawaian sebagai akibat pelanggaran terhadap peraturan disiplin Pegawai Negeri Sipil. Suwanta memaparkan materi tentang proses pembuatan BAP dan keputusan penjatuhan hukuman disiplin pegawai sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010.

Materi lain dalam wokrshop ini juga disampaikan oleh narasumber dari Biro Keuangan dan Perlengkapan yang memaparkan tata cara pemberian tunjangan kinerja bagi PNS di lingkup Kementan. Selanjutnya, sebagai narasumber terakhir, Biro Organisasi dan Kepegawaian menyampaikan materi tentang implementasi peraturan-peraturan jabatran fungsional. Juga dilakukan validasi data jabatan struktural, Jabatan Fungsional Tertentu, rangkap jabatan, dan petugas belajar. (HW, M.Is, AFS).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933