Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Potensi Limbah B3 untuk Pertanian

Bila mendengar kata limbah, asosiasi kita akan tertuju pada sesuatu yang buruk, berbahaya, dihindari dan tidak punya nilai. Hal ini tidak selamanya begitu. Terdapat hasil samping atau sisa produksi bila ditelisik lebih dalam, dengan melakukan analisis bahan B3 kategori 2 dan kajian ternyata banyak yang berpotensi mempunyai manfaat yang besar terutama dalam bidang pertanian.

Pada hari Rabu, 8 Oktober 2019, telah dipaparkan materi tentang peluang Pemanfaan Limbah B3 dan Non B3 untuk Sektor Pertanian oleh Kepala Balai Penelitian Tanah (Balittanah), Dr. Ladiyani Retno Widowati, pada acara Sosialisasi Pengelolaan Limbah  B3 dan Non B3 di Makassar. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) selama 2 hari (8-9 Oktober 2019).

Acara dibuka oleh Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB3), KLHK, Rossa Vivien Ratnawati, SH., MH., dimana dalam sambutan pembukaan Rossa menyatakan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka mempertemukan seluruh stakeholder yang terkait dengan pengelolaan Limbah B3 dan Non B3 seluruh Indonesia sebanyak 250 orang. Selanjutnya Rossa mengharapkan, Limbah B3 dan Non B3 dapat dikelola lebih baik dan memberi kemaslahatan lebih luas dibanding dengan dampak sampingnya. "Kita harus lebih bijak dan cepat dalam mengantisipasi jumlah produksi limbah yang terus bertambah setiap waktunya" ujar Rossa.

Pada kesempatan tersebut Ladiyani menyatakan "Limbah B3 dan Non B3, mempunyai potensi sebagai sumber pupuk anorganik, organik,  hayati dan terbesar sebagai pembenah tanah". Tetapi pemanfaatannya harus bijak dan cermat agar manfaat yang besar dan tidak berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan, lanjutnya. Akan tetapi kita terkendala pada aturan dari KLHK, saat suatu produk dari Limbah B3 telah dilakukan penelitian dan pengkajian mengikuti prosedur aturan Kementan.

Acara diikuti peserta dengan antusias, dan sangat aktif berdiskusi.

Peneliti senior Balittanah-Balitbangtan, Dr. I GM Subiksa turut menghadiri acara sosialisasi tersebut. Dr. Subiksa telah berpengalaman dalam pemanfaatan limbah B3 dalam bidang pertanian yakni pemanfaatan Fly Ash, Terak Baja, Pugam pada tanaman pangan dan non pangan. (LRW dan M.Is).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933