Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Benih Padi VUB Bersalut Zeolit (Zeolite Coated Seeds)

Kunjungan Kerja Menteri Pertanian ke Desa Dalangan, Kec. Tawang Sari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah kali ini bertema "Modernisasi Pertanian". Pada kesempatan tsb Bapak Mentan  menyaksikan operasionalilsasi drone utk penyebar benih, pertisida dan pupuk, combine harvester, autonomus traktor dan transplanter, dan traktor utk rawa.

Selanjutnya, Bapak Mentan menyerahkan bantuan alsintan ke pada kelompok tani setempat. Andi Amran Sulaiman menekanan pentingnya modernisasi pertanian Indonesia untuk meningkatkan efisiensi usahatani. "Dengan mesin pertanian modern juga akan mengangkat citra pertanian menjadi pekerjaan yang bergengsi sehingga generasi milenial akan tertarik di bidang pertanian. Kesan kotor Bertani sudah tidak ada lagi karena mesin pertanian modern bekerja secara autonomus dan petani bisa mengendalikannya dari gubug sambal minum kopi” imbuhnya (30 Sept 2019).

Balitbangtan telah mengembangkan teknologi benih bersalut zeolite untuk mendukung implementasi pertanian 4.0 khususnya dalam aktivitas tanam benih langsung/tabela menggunakan drone. Penyalutan benih bertujuan untuk meningkatkan bobot benih agar dapat tersebar merata, posisi benih agak terbenam ke dalam tanah dan tidak mudah bergerak karena gerakan air atau hantaman air hujan.

Benih bersalut zeolit ini mengandung bahan organik dan kedepannya akan diperkaya dengan mikroba tanah multiguna (MTM) yang membantu meningkatkan ketersediaan hara dan menghasilkan hormon pertumbuhan. Dengan adanya zeolit, MTM dan bahan organik tersebut di sekitar benih yang mulai berkecambah akan membantu meningkatkan serapan hara serta merangsang pertumbuhan akar lebih sehat dan akhirnya  tanaman dapat tumbuh optimal dan berproduksi dengan baik.

Menurut Dr. Subiksa, peneliti Balitbangtan yang memformulasi ZCS ini bahwa “Penyalutan benih ini telah teruji tidak mengganggu proses perkecambahan. Benih padi yang terbenam 0,25 cm di bawah tanah akibat sebaran drone juga tidak mengganggu perkecambahan benih selama air tidak tergenang. Sebaliknya penempatan benih dlm posisi tersebut, akan menguatkan perakaran tanaman sehingga tidak mudah roboh. Benih yang tertancap tersebut juga  menyamarkan dari serangan burung”.

Benih bersalut zeolite ini akan dibuat beberapa formula dalam  berbagai komposisi agar memenuhi kebutuhan petani modern. (LRW dan M.Is).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933