Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

GPOT Padi Gowah Di Kabupaten Majalengka: "Air Tiba, Sawah Menghijau"

Semangat tiada henti, itulah deskripsi singkat untuk program nasional Upsus Pajale dari Kementerian Pertanian. Dalam pelaksanaannya, Balai Penelitian Tanah mendapat mandat untuk menggawangi kegiatan Upsus di Kabupaten Majalengka dan Sumedang, Prov Jawa Barat.

Sebagai bagian dari kegiatan Upsus ini adalah pelaksanaan gerakan percepatan olah tanah dan tanam (GPOT) padi pada hari Jumat, 13 September 2019 telah dilaksanakan gertam di Desa Kertawinangun, Kec Kertajati, Kab Majalengka.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Kertajati, Pasiter Kodim 0617 Majalengka, Kapolsek Kertajati, Kepala BPP, Kuwu Desa Kertawinangun, serta tim Upsus Balai Penelitian Tanah Dr. Etty Pratiwi, Dr. Adha F Siregar dan Ibrahim Adamy S, M.Sc.

Kegiatan ini mencakup luasan 50 ha sawah yang telah mendapat bantuan dari Kementan berupa benih padi varietas Mekongga. "Bantuan benih telah diterima oleh dua poktan, Saluyu Kapas dan Paraksa 2" ujar H Suherman selaku Kuwu Desa Kertawinangun.

Lebih lanjut disampaikan oleh Dr Etty Pratiwi, bahwa kegiatan gertam ini sangat berperan dalam meningkatkan capaian LTT dan pemerintah dalam hal ini Kementan sangat mendukung dan dukunhan diwujudkan dengan bantuan diantaranya benih, pompa air dan pipa untuk mendukung ketersediaan air di lahan sawah.

"Keberhasilan program Upsus tidak lepas dari kordinasi dan kerjasama dari pihak pusat dalam hal ini Kementan, beserta Dinas Pertanian Kabupaten, Kodim, aparat desa, gapoktan serta petani" ujar H Elon selaku Kabid Tanaman Pangan, Dinas Pertanian, Kab Majalengka. Lebih lanjut Elon menambahkan bahwa pada dasarnya petani sangat responsif dan koperatif dalam mendukung program Upsus terlebih dengan adanya bantuan bagi petani dan untuk bulan September ini target GPOTT di Kab Majalengka mencapai 100 ha.

Kodim Majakengka yang diwakili oleh Pasiter Dani Hamdani menyampaikan bahwa TNI selaku pendamping program pemerintah siap membantu mensukseskan program Upsus. "Kodim 0617 memiliki brigade alsintan berupa peralatan mesin pertanian diantaranya traktor, eskavator dan pompa air, dan dapat dimanfaatkan oleh petani di wilayah Kab Majalengka" ujar Dani.

Dengan dukungan dari semua stakeholder melalui program Upsus ini, maka target Indonesia menjadi lumbung pangan dunia di 2045 yakin akan terwujud. (AFS).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933