Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

"Pre-Launch Discussion" Perakitan Soil Sensing Kit

Tingginya kebutuhan informasi akan kondisi kesuburan tanah terutama di sektor pertanian telah menginspirasi peneliti Balai Penelitian Tanah untuk membuat suatu alat uji cepat sifat-sifat tanah atau dikenal dengan nama "Soil Sensing Kit (SSK)". SSK ini tidak hanya menentukan sifat tanah yang merupakan gambaran dari tingkat kesuburan tanah tapi juga membeti output rekomendasi pemupukan untuk tanaman padi, jagung dan kedelai.

Acara pre-launch SSK yang berlangsung pada hari Kamis, 12 September 2019 bertempat di Balai Penelitian Tanah dan dibuka oleh Kepala BBSDLP, Dr Husnain yang diawali dengat kata sambutan dari Kepala Balittanah yg diwakili Kasie Pelayanan Teknis Ibrahim Adamy Sipahutar,SP, MSc. " Kebutuhan akan SSK sudah sangat ditunggu oleh karena itu diharapkan dari kegiatan ini diperoleh saran dan solusi untuk memantapkan SSK yang akan segera di launching" kata Husnain.

Dalam kesempatan ini dipaparkan topik terkait pemanfaatan vis-NIR dalam memprediksi sifat-sifat tanah serta rekomendasi pemupukan dengan menggunakan SSK. Hadir dalam acara ini Wartini (Univ Sydney), Dr Abdul Roni Angkat (BPPSDMP), Tim PT Gravicode serta para peneliti Balai Penelitian Tanah diantaranya Dr Edi Husein, Dr I Wayan Suatika, Dr Umi Haryati yang banyak memberikan masukan.

Seperti yang disampaikan oleh Wartini dari University Sydney bahwa vis-NIR saat ini menjadi trend untul membantu dalam memprediksi sifat tanah seperti yang terdapat dalam SSK. Lebih lanjut Dr Abdul Roni Angkat, dari BPPSDMP yang menekuni tentang vis-NIR dan pemodelan dalam prediksi sifat tang juga menambahkan bahwa kesesuaian suatu model dalam prediksi dapat dipengaruhi beberapa hal diantaranya nilai adjusted R, kondisi contoh tanah serta model tang digunakan.

Tim peneliti Balai Penelitian Tanah yang terlibat dalam pembuatan SSK diantaranya Dr Wiwik Hartatik menyampaikan bahwa untuk rekomendasi pemupukan masih akan terus di up date, karena beragamnya kondisi tanah di Indonesia.

Selanjutnya dalam acara ini juga dilakukan demo penggunaan SSK yang dilakukan oleh Dr Adha F Siregar dan Dr Linca Anggria. "Kedepannya masih akan ada peningkatan feature dari SSK ini", kata Adha. Kelanjutan dari kegiatan ini adalah launching SSK dan diharapkan akan memberikan sumbangsih dalam perkembangan pertanian di Indonesia. (AFS-IAS).

 

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933