Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Peran Aktif Balittanah-Balitbangtan dalam Penyusunan RKA-K/L PAGU Anggaran TA 2020

Tahun 2020 adalah awal baru dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) ke-4 yang berlangsung selama lima tahun ke depan. Seiring dengan tahun pertama tugas Kabinet Kerja Jilid II, penyusunan rencana kerja tahun 2020 adalah sangat penting karena akan menjadi pondasi bagi penyelenggaraan pengelolaan negara hingga tahun 2024.

Balitbangtan, Kementan, aktif dalam menerjemahkan RPJMN ke-4 ini menjadi Renstra Litbang Kementan hingga penyusunan Rencana Kerja Anggaran  dengan tetap bersinergi dengan lembaga terkait lainnya.

Untuk mempersiapkan anggaran 2020, pada tanggal 15-17 Juli 2019, telah diselenggarakan acara Penyusunan RKA-K/L Pagu Anggaran Tahun 2020 Lingkup Balitbangtan. Dalam acara tersebut, Balai Penelitian Tanah menghadirkan Koordinator Program, Kepala Seksi Pelayanan Teknis (Kasi Yantek) dan operator.

Acara yang dihadiri oleh seluruh Satker Balitbangtan, Kementan ini dibuka oleh Ka Balitbangtan, Kementan, Dr. Fadjry Djufry. Dalam arahannya, Ka. Balitbangtan menyampaikan paradigma baru pelaksanaan kegiatan riset nasional yang tersentralisasi untuk fokus mendukung agenda pembangunan nasional, termasuk pembangunan pertanian. Dengan strategi top down berupa Prioritas Riset Nasional dan akan diperkuat dengan regulasi riset nasional berupa Undang-Undang, maka tumpang tindih kegiatan riset bisa dihindarkan. Sinergi riset antar satker juga mendapat perhatian serius dari Ka. Balitbangtan, agar ke depannya dapat meningkat, dan tergambarkan dengan baik melalui berbagai instrumen termasuk instrumen anggaran. Perencanaan yang baik sangat diperlukan agar anggaran yang disusun menjadi akurat dan mampu mendukung target-target yang tercantum dalam Renstra.

Sekretaris Balitbangtan, Dr. Muhammad Prama Yufdy juga menyempatkan hadir. Selain menegaskan arahan Ka Badan Litbang, beliau juga mengingatkan bahwa peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia merupakan keniscayaan. Hanya PNS yang memiliki kualitas yang memenui syarat saja yang akan tetap dipertahankan. Dengan demikian, APBN akan direncanakan dan dibelanjakan oleh SDM yang berkualitas; setiap rupiah APBN yang dikeluarkan, dapat dipertanggungjawabkan dan memberikan manfaat.

Acara Penyusunan RKA-K/L Pagu Anggaran Tahun 2020 Lingkup Balitbangtan ini juga menghadirkan narasumber dari Biro Perencanaan Kementan, Direktorat Anggaran Bidang Kemaritiman dan Perekonomian (DJA, Kemenkeu), Direktorat Sistem Penganggaran (DJA, Kemenkeu).

Dalam acara ini diharapkan RKA-K/L dapat disusun dengan memegang prinsip efisiensi dan harus mematuhi rambu-rambu penyusunan anggaran sehingga dapat digunakan untuk mencapai tujuan strategis pembangunan nasional yang sudah ditetapkan (SM, 16 Juli 2019).

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id, balittanah.isri@gmail.com
Telp :+622518336757 Fax :+622518321608; +622518322933