Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Rapat Koordinasi BBSDLP: Akselerasi Penciptaan dan Hilirasi Inovasi Teknologi SDL

Rapat Koordinasi BBSDLP bertema “Akselerasi Penciptaan dan Hilirisasi Inovasi Teknologi Sumberdaya Lahan untuk Mendukung Kegiatan Strategis Balitbangtan Menuju Era Industri 4.0” berlangsung di Banyuwangi, Jawa Timur selama empat hari sejak 20 Maret 2019.

Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh Kepala Balitbangtan, Para Eselon II lingkup Balitbangtan atau yang mewakili, Sekretaris Daerah Situbondo, Kepala Balai, Profesor Riset, Peneliti, Teknisi Litkayasa dengan narasumber Staf Ahli Bupati Banyuwangi, Sesditjen PSP, Biro Perencanaan, Biro KP Kementerian Pertanian, dan Majelis Assesor LIPI.

Kepala Balitbangtan, Dr. Fadjry Djufry menegaskan penelitian strategis lingkup BBSDLP ke depan harus menjawab dan mendukung kebutuhan Ditjen Teknis, Puslit Komoditas, dan UK bidang masalah.  Untuk itu, perlu konsolidasi dan sinergi  program satu sama lain, agar diperoleh outcome  yang dapat dimanfaatkan masyarakat dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam era industri 4.0. UK/UPT lingkup Balitbangtan perlu melakukan perubahan-perubahan terutama dalam pelayanan publik secara digital.

Materi yang dipresentasikan para narasumber antara lain:

  1. Lesson Learned Layanan Terpadu Berbasis IT Menuju Era Industri 4.0 (Staf Ahli Bupati Banyuwangi)
  2. Kebutuhan Inovasi Teknologi Sumberdaya Lahan Pertanian Mendukung Kegiatan Strategis Ditjen PSP (Sesditjen PSP Kementerian Pertanian). 
  3. Kebijakan dan Program Pengelolaan Sumberdaya Lahan Pertanian Menuju Era Industri 4.0 (Kepala Biro Perencanaan Kementan)
  4. Sinkronisasi Peraturan Hibah, Kerjasama, dan PNBP dalam Rangka Pembentukan BLU (Kepala Biro KP Kementan)
  5. Implementasi Perka LIPI No.14/2018 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Peneliti (Majelis Assesor LIPI, P Fahmudin Agus)

Pada acara yang sama dilakukan penandatanganan  Kesepakatan Bersama antara Kepala Balitbangtan, Dr. Fadjry Djufry dengan Bupati Situbondo, Jawa Timur. Kesepakatan Bersama tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan kepentingan bersama dalam meningkatkan, mengoptimalkan dan mengembangkan Pembangunan Pertanian di wilayah Kabupaten Situbondo.

Dalam Rapat Koordinasi juga dilaksanakan penyerahan penghargaan peneliti dan teknisi litkayasa terbaik lingkup BBSDP oleh Kepala Balitbangtan. Rapat Koordinasi juga diwarnai dengan kegiatan kunjungan lapang ke Kebun Jeruk Demplot Balitjastro, di Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur. (AS, M.Is, 22 Maret 2019).

 

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id Telp :+622518336757
Fax :+622518321608; +622518322933