Simple Responsive Menu

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Balittanah Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2019 dan Sosialisasi Jabatan Fungsional Peneliti

Bertempat di Ruang Seminar Lt 2 Balai Penelitian Tanah pada 16 Januari 2019 dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2019 Eselon IV Balai Penelitian Tanah disaksikan oleh Kepala Balai Penelitian Tanan dan Kepala Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian. Kepala Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian dalam arahannya mengatakan bahwa setiap kita memiliki kontrak kerja dan harus bertanggung jawab kepada atasannya.  Di akhir tahun, kontrak kerja tersebut harus terealisasi dan dievaluasi oleh atasannya. Beliau juga menambahkan bahwa “Catatan penting bagi peneliti, tuntutan produk hasil penelitian yang sederhana dan mudah diterapkan sangat diperlukan bagi kemajuan pertanian kita. Harus diingat, tupoksi kita di lembaga penelitian Kementerian Pertanian adalah untuk menunjang kebijakan nasional. Jadi mari menghasilkan output penelitian yang bermanfaat bagi petani dan seluruh stake holder kita. Jangan melakukan penelitian yang di awang-awang.”

Selanjutnya, masih di tempat yang sama, Kepala Balai Besar dan Kepala Balittanah juga mengikuti Kegiatan Sosialisasi Peraturan LIPI No. 14 tahun 2018 tentang Juknis Jabatan Fungsional Peneliti. Narasumber acara ini adalah Prof. Dr. Fahmuddin Agus, peneliti senior di Balai Penelitian Tanah, dan dihadiri oleh hampir semua jenjang peneliti di Balittanah. Prof. Fahmuddin menegaskan “beban peneliti untuk naik jenjang semakin berat demi kualitas peneliti itu sendiri. Kita ingin hasil penelitian kita bisa dipertanggungjawabkan dan dimanfaatkan oleh bangsa ini”. Menurut beliau juga, semua persyaratan tersebut bukannya tidak bisa dicapai, tapi diperlukan kesungguhan dan kerja keras untuk bisa bertahan dan bahkan meraih jenjang paling tinggi di jabatan fungsional.

Sesi sosialisasi Jabatan Fungsional tersebut diakhiri dengan penetapan pembimbingan berjenjang antar peneliti, peneliti yang lebih senior membimbing peneliti di bawahnya agar mampu menghasilkan output berupa karya tulis ilmiah yang baik. Sebagai catatan tambahan dari Profesor Fahmuddin adalah terkait pengisian Satuan Kerja Pegawai (SKP) yang diisi setiap tahun. Peneliti diharapkan bersungguh-sungguh mengisi SKP, agar target tahunan tercapai dan tidak menurunkan performa kinerja pribadi. (Jbd, Ashs, 16 Januari 2019).  

Hubungi Kami

Slogan Agro Inovasi

 
 
 

 

SCIENCE . INNOVATION . NETWORKS

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id Telp :+622518336757
Fax :+622518321608; +622518322933