1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Asistensi Teknis Penajaman Fokus Unggulan PUI

Pusat Unggulan Iptek (PUI) adalah suatu  organisasi  baik  berdiri  sendiri  maupun  berkolaborasi  dengan  organisasi lainnya (konsorsium) yang  melaksanakan kegiatan-kegiatan  riset  spesifik  secara  multi dan interdisiplin dengan standar hasil yang  sangat  tinggi serta  relevan  dengan  kebutuhan pengguna Iptek.

Tujuan dikembangkannya PUI adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas lembaga litbang menjadi lembaga litbang unggul bertaraf internasional dalam bidang prioritas spesifik agar terjadi peningkatan relevansi dan produktivitas serta pendayagunaan iptek dalam sektor produksi untuk menumbuhkan perekonomian nasional dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat

Dalam rangka mendukung Kinerja PUI 2019, Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengembangan,Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melaksanakan persiapan yang dianggap perlu untuk diberikan kepada Lembaga PUI yang baru. Salah satu satunya adalah melaksanakan Asistensi Teknis Penajaman Fokus Unggulan PUI tahun 2019 . 

Di awal tahun 2019, Balittanah berkesempatan menjadi tuan rumah kegiatan ini yang diselenggarakan pada tanggal 10 Januari 2019 di Agrosinema Balitbangtan diikuti oleh 50 peserta, berasal dari tujuh lembaga mengikuti kegiatan ini, yaitu Badan Litbang Pertanian (Balittanah, Balittri), LIPI, Kementerian LHK, dan BIG.

Pada kegiatan ini, Kepala Balittanah, Dr. Husnain mengucapkan terimakasih kepada PUI Pusat yang memberikan kepercayaan menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan acara tersebut yang pertama kalinya di Tahun 2019 ini. Dan mengucapkan selamat datang kepada tujuh Lembaga yang mengikuti acara tersebut.

Pada acara ini, narasumber adalah Yudho Baskoro Muriadi, S.Sos., M.Si., MPP (sekretariat PUI Pusat), memaparkan dalam presentasinya antara lain mengenai: (1) Perkembangan PUI 2011 – 2019; (2) Konsepsi Pusat Unggulan Iptek; (3) Penajaman Fokus Unggulan PUI; (4) Strategi Penguatan Kapasitas - Kapabilitas Lembaga; (5) Indikator Kinerja PUI; (6) Platform Sinergi 1.0 : Wahana Sinergi Keunggulan Iptek Indonesia; (7) Indonesia Innovation Day : Wahana Perluasan Kerjasama Hilirisasi Internasional; (8) Jambore PUI : Wahana Diseminasi Produk Unggulan PUI; (9) Rencana Kerja PUI Tahun 2019; dan (10) Mekanisme Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2019.

Selanjutnya, diakhir acara ketujuh lembaga masing-masing memberikan testimoni, antara lain best experience yang dialaminya;  memberikan kesan dan pesan atau tambahan motivasi; serta memberikan penjelasan mengenai fokus unggulannya.  (Moch. Iskandar dan Asmarhansyah, 10 Januari 2019).

Hubungi Kami

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id Telp :+622518336757
Fax :+622518321608; +622518322933