1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11

Laboratorium Pertanian ”Dapur” dari Inovasi Teknologi

Balai Penelitian Tanah (Balittanah) sebagai koordinator laboratorium tanah lingkup Balitbangtan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Analis dan Calon Analis Laboratorium Balitbangtan.

Tujuan bimtek adalah Meningkatkan pengetahuan/kualitas analis laboratorium penguji di lingkup Balitbangtan sehingga dapat melakukan analisis di laboratorium dengan baik.

Kegiatan bimtek ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Balitbangtan (Dr. Muhammad Prama Yufdy) didampingi oleh Kepala BBSDLP (Prof. Dr. Dedi Nursyamsi), Kepala Balittanah (Dr. Husnain), Kepala Balitklimat (Dr. Harmanto), Manajer SMARTD (Dr. M. Sabran), Kasi Jaslit Balittanah (Dr. Asmarhansyah), dan Kasubbag TU Balittanah (Dra. Atin Kentjanasari).

Dalam sambutannya, Kepala BBSDLP, Prof. Dr. Dedi Nursyamsi antara lain mengatakan ”tupoksi Balitbangtan adalah menghasilkan inovasi teknologi pertanian, tujuan adalah untuk mendongkrak produktivitas produksi komoditas pertanian. Laboratorium pertanian itu adalah ”dapur” dari inovasi teknologi tersebut”. 
Pada penjelasan lain, Kepala BBSDLP mengatakan tidak kalah penting adalah laboratorium pertanian termasuk di dalamnya adalah laboratorium tanah juga berperan penting dalam implementasi teknologi tersebut”. 
”Laboratorium tanah sangat menentukan rekomendasi bagaimana kita mengelola tanah, bagaimana mengelola air, bagaimana mengelola mikroorganisme tanah sedemikian rupa sehingga produktivitas tanaman: padi, jagung, kedelai dan produktivitas strategis lainnya bisa meningkat menuju swasembada pangan bahkan menuju lumbung pangan dunia 2045”, paparnya lagi.

Selanjutnya, Sekretaris Balitbangtan, Dr. Muhammad Prama Yufdi dalam sambutan pengarahan dan pembukaannya mengatakan antara lain ”Badan Litbang Pertanian posisinya sekarang ini sudah ”terbang” tinggi sekali, berbagai kegiatan kita lakukan diantaranya ada di BBSDLP terkait dengan penelitian pengkajian dan diseminasi serta inovasi terkait dengan ilmu tanah”. ”Oleh karena itu, kita segenap warga Balitbangtan bertekad untuk ”terbang” jauh lebih tinggi lagi”.
”Terbang” bukan hanya kita menunjukan bahwa kita kinerjanya bagus tetapi yang paling penting bermanfaat bagi orang lain”, papar Sekretaris Balitbangtan.

Kegiatan bimtek ini dilaksanakan selama 9 hari dari tanggal 25 November sampai 3 Desember 2018, dihadiri oleh 40 peserta yang terdiri dari analis dan calon analis dari 15 BPTP dan balit-balit lingkup Balitbangtan, Kementan.

Kegiatan dilaksanakan pada dua tempat, yaitu teori selama dua hari di ruang rapat Mess BBSDLP sedangkan 7 hari praktek akan dilaksanakan di Laboratorium Kimia Balittanah. (Tim Medsos Balittanah, 26 November 2018).

Hubungi Kami

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id Telp :+622518336757
Fax :+622518321608; +622518322933