1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13

Bimtek Aplikasi Fosfat Alam Reaktif Pada Lahan Kering Masam Untuk Jagung

Pengembangan pertanian sejak beberapa tahun terakhir ini mengarah pada peningkatan produktivitas lahan-lahan potensial, termasuk lahan kering masam. Salah satu teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian yang dikembangkan dan disebarluaskan oleh Balai Penelitian Tanah (Balittanah), Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) adalah penggunaan fosfat alam reaktif untuk meningkatkan produktivitas tanaman jagung di lahan kering masam. Pengembangan dan penyebarluasan teknologi tersebut antara lain melalui bimbingan teknis (Bimtek) untuk petani, penyuluh maupun stakeholder pertanian lainnya.

Pada tanggal 4 September 2018, Balai Penelitian Tanah, Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian, menyelenggarakan “Bimbingan Teknis Aplikasi Fosfat Alam Reaktif pada Lahan Kering Masam untuk Jagung” yang diselenggarakan di Kebun Percobaan (KP) Taman Bogo, Kec. Purbolinggo, Lampung Timur dengan tujuan meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia pertanian dalam budidaya jagung dengan produktivitas yang tinggi di lahan kering masam. Dalam kegiatan ini, peserta bimtek dapat menguasai pengetahuan dan keterampilan teknik aplikasi fosfat alam reaktif dan ameliorant lainnya untuk meningkatkan produktivitas tanaman jagung di lahan kering masam.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala BBSDLP dalam kesempatan ini diwakili oleh Kabid PE BBSDLP (Ir. Mas Teddy Sutriadi, M.Si). Dalam sambutannya, Kabid PE mengemukakan antara lain “jagung merupakan salah satu komoditas yang diandalkan dalam rangka ketahanan pangan kita. Dengan segala upaya yang telah kita lakukan, sejak 2017 sudah swasembada jagung dan kita harus terus berupaya pertahankan swasembada ini, dan 2018 harus ekspor jagung sesuai dengan target dari Bapak Menteri Pertanian”.

Dalam kesempatan lain, Kepala BBSDLP, Prof. Dr. Dedi Nursyamsi, menjelaskan bahwa penggunaan fosfat alam reaktif sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas jagung di lahan-lahan potensial seperti lahan kering masam di Lampung. Hal ini didukung hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Balai Penelitian Tanah. Kegiatan Bimtek ini juga mendorong petani makin bersemangat untuk meningkatkan produktivitas jagungnya.

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 130 orang peserta yang terdiri dari Pejabat Dinas Pertanian Provinsi Lampung; Pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Timur; Pejabat Lingkup BBSDLP; Peneliti dan teknisi lingkup BBSDLP; PT Gresik Cipta Sejahtera; OCP Singapura; Kepala BPTP Lampung; Kepala BPP dan Koordinator Penyuluh Kec. Metro Kibang dan Kec. Batanghari, Lampung Timur; Muspika Kec. Purbolinggo Lampung Timur; petani Gapoktan Desa Purwodadi-Batanghari dan Desa Margototo-Metro Kibang, Lampung Timur.

Materi-materi yang dipaparkan dalam Bimtek ini meliputi: (1) informasi varietas jagung nasional oleh peneliti dari Puslitbangtan; (2) Budidaya jagung oleh peneliti dari Balai Penelitian Serealia; (3) Pengelolaan lahan kering masam untuk tanaman jagung oleh peneliti dari Balai Penelitian Tanah (4) Direct application of reactive phosphate rock (RPR) oleh direktur OCP Singapura; (5) Teknik aplikasi RPR dan ameliorant lainnya oleh peneliti Balai Penelitian Tanah; (6) Budidaya jagung zig-jag dan peningkatan fungsi akar bertingkar oleh peneliti dari Balai Penelitian Lahan Rawa.

Setelah penyampaian materi oleh para narasumber, kegiatan bimtek ini diakhiri dengan praktek lapangan yang meliputi: (1) pengamatan (observasi) ke lokasi riset jagung di lahan KP Taman Bogo, Lampung Timur dan (2) praktik aplikasi fosfat alam reaktif dan tanam jagung metode zig-jag. Praktek ini dipandu oleh teknisi dan peneliti pendamping dari Balai Penelitian Tanah.

Kegiatan Bimtek berjalan dengan lancar dan para peserta bimtek meningkat pengetahuan tentang teknik aplikasi fosfat alam reaktif dan ameliorant lainnya untuk meningkatkan produktivitas tanaman jagung di lahan kering masam dan mampu mengaplikasi di lapangan dengan baik sesuai dengan prosedur yang telah disampaikan dalam Bimtek. (Irw, Srn, dan M.Is, 4 September 2018).

Hubungi Kami

Balai Penelitian Tanah
Jl. Tentara Pelajar No.12 Bogor Jawa Barat 16114 Indonesia
balittanah@litbang.pertanian.go.id Telp :+622518336757
Fax :+622518321608; +622518322933